Biduran Adalah

Gangguan pada kulit yang disebabkan oleh tingginya kadar histamin dan senyawa lain yang dilepaskan oleh lapisan di bawah kulit, sehingga menyebabkan pembengkakan jaringan. Histamin ini terkadang menyebabkan bocornya cairan plasma dari pembuluh darah sehingga terjadi penumpukan cairan yang membuat kulit terasa bengkak serta gatal.
 
Biduran atau urtikaria ini bisa muncul di salah satu bagian tubuh atau menyebab ke beberapa bagian tubuh lain. Ukuran dan bentuknya pun bisa berbeda-beda.


Apakah Biduran Berbahaya?

Biduran bukanlah sebuah penyakit, tapi merupakan gejala atau repon tubuh. Biduran sendiri memperlihatkanreaksi yang berbeda-beda, ada yang timbul dan hilang secara cepat, namun ada juga yang bisa berhari-hari hingga menimbulkan bengkak di area mata, bibir ataupun lidah. Gejala ini bisa hilang dengan sendirinya, bisa dengan perawatan sederhana di rumah atau mungkin pergi ke dokter jika sudah menimbulkan reaksi yang berbahaya.

Biduran Adalah

Penyebab Biduran

Biduran bisa muncul karena reaksi yang disebabkan beberapa pemicu dari bulu binatang, serbuk bunga, atau bahan pakaian. Saat tubuh terkena zat alergen, badan melepaskan histamin dan bahan kimia ke dalam darah sehingga menyebabkan gatal, merah, bengkak dan gejala lainnya. Selain yang telah disebutkan, hal ini juga bisa menyebabkan biduran pada kulit.

  • Alergi Makanan

Biduran dapat disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi, atau beberapa kandungan pada bahan makanan seperti bahan pengawet serta pewarna buatan. Biduran akibat alergi makan bis amuncul sesaat setelah mengonsumsi atau beberapa jam setelahnya.

  • Udara

Hal ini disebabkan karena kondisi kulit yang sensitif terhadap perubahan cuaca atau suhu. Misalnya dengan sinar matahari, suhu dingin secara tiba-tiba serta angin kencang.

  • Berkeringat

Walau berkeringat bukan seba dari munculnya gatal namun, kenaikan suhu tubuh saat berkeringat dapat memicu timbulnya biduran. Saat berkeringat tubuh memproduksi asetikolin yang dapat menganggu perkembangan sel-sel kulit sehingga kulit mencul ruam serta menjadi iritasi.

  • Stres

Pada beberapa orang yang menderita urtikaria kronis, stres membuat tubuh melepaskan histamin yang akhirnya membuat tubuh memberikan respon peradangan dengan munculnya bentol merah atau biduran.


Penyebab Biduran di Malam Hari

Moms sempat heran mengapa biduran terasa lebih gatal ketika hendak tidur atau sedang tidur? Ini karena gatal bisa terjadi akibat zat-zat yang meradang pada kulit. Penyebabnya sendiri bisa bermacam-macam seperti rangsangan dari gigitan serangga, kondisi psikologis stress atau juga alergi. Biduran pun lebih terasa di malam hari salah satunya dikarenakan jam biologis yang berubah.

Saat malam hari, tubuh memproduksi banyak protein bernama sitokin yang bisa memperparah peradangan pada kulit. Selain itu suhu udara yang menurun pada malam hari, menyebabkan kulit menjadi kering dan menyebabkan kulit bersisik, merah dan pecah-pecah.

Penyebab Biduran
baca juga

Cara Mengatasi Biduran

  • Kompres dengan air dingin
Mengompres dengan es atau air dingin dapat meredakan iritasi dan rasa gatal akibat biduran. Caranya, moms hanya perlu membungkus es batu dengan handuk dan kompres di bagian yang terasa gatal selama 10 menit.
  • Hindari produk yang membuat iritasi kulit
beberapa jenis sabun mandi memiliki banyak han kimia yang dapat memicu terjadinya kulit iritasi. Untuk itu, pilihlah sabun yang dikhususkan untuk kulit sensisitf agar lebih aman. Hal ini juga berlaku untuk pemilihan lotion tubuh serta pelembab.
  • Gunakan baju yang longgar/nyaman
menggunakan pakaian yang longgar agar kulit tubuh dapat bernapas dan suhu tubuh tetap terjaga. Selain itu memilih baju dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat juga menghindari bakteri kulit semakin berkembang.
  • Berobat ke dokter
namun, jika biduran berlangsung lama dan sangat menganggu aktivitas, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter dan akan diberi obat untuk mengatasi biduran