Di Arab, daun buah tin direbus untuk mengatasi nyeri kekita menstruasi. Lalu bagaimana dengan manfaat buah tin merah itu sendiri? Berikut ini daftar manfaat buah tin merah yang sangat berguna untuk kesehatan. Catat ya, Moms.

Mencegah Kanker

Kandungan zat pektin dalam buah tin merah berguna sekali untuk pencernaan, terutama usus besar dan usus kecil. Di Arab, buah tin juga digunakan sebagai obat pencahar alami karena mengandung serat yang melimpah.

Tidak hanya baik untuk pencernaan, ternyata buah tin juga dapat mencegah kanker usus. Satu buah tin mengandung anti oksidan, vitamin A, E, dan K. Senyawa fitokimia yang terkandung dalam buah tin dapat membantu menghilangkan bahaya radikal bebas.

Serba-Serbi Buah Tin Merah, Seperti Apa Rasa dan Manfaatnya?
source: https://www.bukumedis.com/


 

Anti Bakteri dan Jamur


Tahukah Moms, ternyata buah tin mampu membunuh bakteri pengganggu kesehatan. Kandungan buahnya dapat membunuh mikroorganisme yang bisa menyebabkan virus dan jamur.

Anti Bakteri dan Jamur
source: https://indianexpress.com/


 

baca juga

Diet


Karena kaya akan serat, maka buah tin baik sekali dikonsumsi oleh Mommies yang sedang menjalani program diet. Karena dalam 100 gram buah tin terdapat 74 kalori yang baik untuk diet dan melancarkan metabolisme tubuh dan pencernaan. Selain itu buah tin juga mengandung mineral, vitamin serta pigmennnya yang baik untuk mencerahkan dan melembabkan kulit.

Diet
source: http://mediaindonesia.com/


 

Meningkatkan Sel Darah Merah


Buah tin dapat membantu memicu pembentukan sel darah merah, sehingga untuk Moms yang memiliki penyakit anemia disarankan mengonsumsi buah tin merah jumbo. Selain meningkatkan sel darah merah, buah tin juga bisa mengoptimalkan daya ingat dan mengurangi kelelahan.

Meningkatkan Sel Darah Merah
source: https://hellosehat.com/


 

baca juga

Mencegah Tulang Keropos


Buah tin mengandung kalsium seperti susu yang akan mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah tin bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.

Mencegah Tulang Keropos
source: http://www.ngikik.com/


 

Untuk Moms yang belum pernah merasakah buah tin merah, tentu penasaran kan dengan rasa buah tin merah. Buah ini memiliki rasa yang manis pada bagian merah, yaitu bijinya.Dan pada bagian daging buah yang berwarna putih, rasanya segar dan manis.

Untuk harga buah tin merah di pasaran tentu bervariasi ya Moms. Tergantung oleh besar dan kecilnya ukuran buah tin. Ada buah tin merah jumbo dan ada pula buah tin merah yang berukuran sedang. Untuk buah tin segar, harganya bisa mencapai Rp 150 Ribu. Cukup mahal tentunya.

Agar tidak merogoh kocek terlalu dalam, Moms bisa menanam sendiri pohon buah tin merah di rumah. Bibit pohon buah tin merah banyak kok Moms dijual di pasaran. Harganya pun beragam. Meski harga buah tin merah termasuk cukup mahal, namun sebanding kan dengan manfaat yang bisa diperoleh?

Selamat mencoba, Moms.