Mommy enggak perlu stress atau gundah gulana, berikut ini Mommynesia.id akan memberikan beberapa solusi agar bayi mandi dengan ceria tanpa rewel. Simak tipsnya di bawah ini yuk, Mom. 



1. Sediakan Berbagai Mainan yang Ia Suka di Kamar Mandi

Membuat bayi tidak menangis saat ingin mandi memang banyak sekali 'ritualnya', dari mulai mengajak bercanda dan juga menyediakan berbagai mainan. Agar bayi mandi dengan ceria, Mom bisa menaruh berbagai mainan di dalam bak mandinya. Mainan dapat mengalihkan fokus dia terhadap air dan membuatnya tenang saat mandi. 
 

source: https://kiddiesite.com



 

2. Gunakan Sabun Busa Khusus Bayi

Busa-busa putih dan banyak akan membuat bayi senang dan betah berlama-lama di dalam bak mandi. Mom bisa membeli sabun busa di toko khusus bayi atau online shop yang banyak menjual perlengkapan bayi. 
 

source: http://mumsgrapevine.com.au



 

baca juga

3. Mandi Bersama

Mandi bersama merupakan salah satu cara agar bayi mandi dengan ceria dan tak menangis. Agar ia tidak kaget dengan air, lakukan pemanasan misalnya dengan ajaknya berbicara, bercanda dan juga bermain dengan mainan kesukaannya. 
 

source: http://happilyevaafter.com



 

4. Gunakan Air Hangat

Air dingin memang membuat bayi kaget dan histeris saat dicelupkan ke dalam bak mandi. Sebaiknya Mom gunaka air hangat ketika ia mandi, terutama di pagi hari. Namun pada usia 8 bulan Mom sudah bisa memandikannya dengan air dingin agar bayi juga terbiasa dan tidak tergantung pada air hangat. 
 

source: https://www.babycentre.co.uk