Kolagen adalah salah satu protein yang sangat dibutuhkan tubuh manusia dan alaminya diproduksi sendiri di dalam tubuh. Dengan adanya kolagen, pembentukkan sendi, otot, tulang, gigi dan kulit menjadi kuat. Manfaat kolagen untuk tubuh antara lain membantu memulihkan luka atau cedera, merawat kesehatan rambut, meningkatkan aliran darah menjadi stabil, mengatasi nyeri rematik, memperbaiki masalah selulit di dalam tubuh, serta mampu menghindari keriput atau garis halus pada wajah maupun area kulit lainnya.

Namun, ketika usia bertambah, produksi kolagen di dalam tubuh akan berkurang. Sehingga keriput dan garis halus mulai bermunculan di sekitar area wajah. Tapi tenang moms, menghasilkan kolagen juga bisa lewat asupan yang kita makan, lho. Di bawah ini adalah jenis-jenis makanan yang bisa membantu menghasilkan kolagen pada tubuh serta dapan membantu mengatasi masalah keriput di wajah.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung taurine dan asam lipoat yang dapat memperbaiki kolagen yang rusak, serta kandungan sulfurnya membantu memproduksi kolagen dalam jumlah banyak, sehingga kulit dapat teregenerasi kembali.

Bawang Putih
baca juga

Kedelai

Kandungan protein yang tinggi pada kedelai dapat membantu menambah jumlah kolagen di dalam tubuh. Tubuh akan mengubah protein menjadi asam amino dengan sendirinya, kemudian asam amino berfungsi untuk membentuk jaringan tubuh serta kolagen.

Kedelai

Kacang-Kacangan

Radikal bebas juga menjadi faktor kolagen yang rusak, sehingga tubuh membutuhkan asupan vitamin E, salah satunya dengan mengonsumsi kacang-kacangan yang kaya kandungan vitamin E. Kacang-kacangan juga mengandung asam hialuronat yang merangsang pertumbuhan sel-sel kulit sehat, meningkatkan jumlah sintesis kolagen sehingga mencegah penuaan dini.

Kacang-Kacangan
baca juga

Sayuran Hijau

Zat-zat yang terkandung di dalam sayuran hijau dipercaya dapat membantu memproduksi kolagen. Sayuran hijau biasanya mengandung vitamin A, mengandung antioksidan dan lutein yang dapat membantu melindungi tubuh dari sinar UV. Sayuran hijau yang dimaksud seperti kubis, kale, bayam, brokoli.

Sayuran Hijau

Vitamin C

Sumber vitamin C yang bisa moms dapatkan bisa dari jeruk, brokoli dan jenis makanan lainnya yang mengandung vitamin C atau suplemen vitamin C. Dengan mengonsumsi vitamin C, tubuh akan menghasilkan kolagen dan akan mengembalikan kekenyalan kulit tubuh moms.

Vitamin C

Kaldu Tulang

Kaldu tulang mengandung gelatin yang membantu melancarkan pencernaan sehingga mencegah inflamasi serta penuaan dini. Selain itu, kaldu tulang juga mengandung kolagen alami dan protein yang bagus untuk memperbarui kolagen.

Kaldu Tulang

Ikan dan Daging Tanpa Lemak

Ikan dan daging yang tidak mengandung lemak memiliki protein yang dapat berubah menjadi asam amino, sehingga dapat membentuk kolagen. Daging dada ayam atau kalkun memiliki protein tanpa lemak, serta ikan tuna dan salmon mengandung omega 3 yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kolagen.  

Ikan dan Daging Tanpa Lemak