Penyebab Ketombe Berlebihan

Penyebab ketombe bermacam-macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk shampoo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala. Lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab timbulnya ketombe.

  1. Jarang keramas. Jarang keramas atau mencuci rambut tentu akan membuat kulit kepala yang mati dan kering menumpuk dan menyebabkan ketombe.
  2. Terlalu sering keramas. Sebaliknya, terlalu sering keramas atau mencuci rambut akan membuat rambut tidak memiliki waktu untuk membuat memproduksi minyak rambut alami agar kulit kepala tidak kering dan berketombe.
  3. Kulit kering. Hal ini menjadi penyebab paling umum dari adanya ketombe. Kulit kering tidak hanya bisa terjadi pada kulit kepala saja, namun bisa pada kulit tangan dan kaki.
  4. Produk shampoo dan conditioner yang tidak cocok dengan kulit kepala. Memilih produk shampoo dan conditioner yang tepat bagi kulit kepala juga termasuk dalam faktor penting agar kulit kepala tidak berketombe.
  5. Infeksi jamur Malassezia. Jamur Malassezia ini biasa hidup di kulit kepala dan tidak berakibat penting pada kulit kepala. Namun jika berlebihan, jamur ini akan menyebabkan iritasi kulit kepala hingga berketombe.
Penyebab Ketombe Berlebihan

Cara Mengatasi Ketombe

Cara mengatasi ketombe diawali dengan pemakaian shampoo antiketombe secara rutin. Pertumbuhan ketombe masih bisa dikontrol dengan pemakaian shampoo rambut khusus yang mampu mengurangi minyak dan mengatasi penumpukan sel-sel kulit pembentuk ketombe.

Banyak shampoo yang dijual di berbagai toko atau warung-warung dekat rumah yang khasiatnya mengurangi ketombe, yang seperti kita lihat dalam iklan di tv. Namun, apakah itu efektif untuk membasmi ketombe? Nah, berikut ini tips memilih shampoo antiketombe yang benar agar rambut tidak rusak.

baca juga

Tips Memilih Shampoo Antiketombe

Jika Moms memiliki masalah dengan ketombe, dianjurkan memakai sampo antiketombe yang dijual bebas di apotek atau toko-toko yang mengandung zat-zat sebagai berikut.
  1. Zinc pyrithione. Jenis sampo ini dapat mengurangi perkembangan jamur penyebab ketombe dan dermatitis seboroik.
  2. Ketoconazole. Ketoconazole merupakan agen antijamur berspektrum luas yang digunakan ketika sampo jenis lain tidak mampu membasmi ketombe. Sampo ini ada yang dijual bebas atau melalui resep dokter.
  3. Asam salisilat, bisa mengatasi kerak pada kulit kepala karena ketombe. Namun, kandungan ini bisa membuat kulit kepala menjadi kering sehingga menyebabkan makin banyaknya kulit yang terkelupas.
  4. Selenium sulfida. Jenis sampo ini mampu menghambat kematian sel-sel kulit dan mengurangi Malassezia. Namun, efek sampingnya bisa mengubah warna rambut. Jadi gunakan bila dianjurkan oleh dokter dan bilas rambut sampai bersih setelah menggunakan sampo.
  5. Sampo berbahan ter. Ter batubara cocok untuk mengatasi ketombe, dermatitis seboroik, dan psoriasis karena dapat menghambat kematian sel-sel kulit kepala. Perlu diperhatikan bahwa sampo ter serupa dengan efek penggunaan sampo berbahan selenium sulfida, yaitu dapat memicu perubahan warna rambut.
Tips Memilih Shampoo Antiketombe

Cara Alami Mengatasi Ketombe

Selain pemakaian shampoo, cara mengatasi ketombe bisa dilakukan dengan penggunaan bahan-bahan alami. Beberapa solusi mengatasi ketombe dengan cara alami, antara lain:

  1. Menciptakan kondisi jiwa yang tenang dengan menghindari diri dari rasa gelisah atau depresi yang menyebabkan munculnya ketombe.
  2. Memperoleh asupan vitamin B, omega-3, dan minuman probiotik yang mengandung bakteri yang baik bagi tubuh secara seimbang.
  3. Pemakaian bahan-bahan alami, seperti tea tree oil, minyak zaitun, lidah buaya, daun sirsak, jeruk nipis, lemon, minyak kemiri, minyak zaitun, minyal almond, cuka apel, bawang merah, garam dan baking soda.
Cara Alami Mengatasi Ketombe
baca juga

Asupan Makanan Untuk Mengatasi Ketombe

Selain penggunaan shampoo khusus ketombe dan menggunakan bahan alami, asupan makanan juga berpengaruh, lho Moms. Bagi yang sedang bermasalah dengan rambut berketombe, tidak ada salahnya untuk memperbanyak santapan beberapa jenis penganan berikut ini.

  1. Biji bunga matahari, karena mengandung zinc dan vitamin B6 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kebersihan rambut secara optimal. 
  2. Pepaya, selain berfungsi untuk mencerahkan kulit, vitamin A di dalamnya juga dapat mengatasi ketombe membandel. 
  3. Apel, kandungan zat besi, zinc, mangan, potasium, vitamin A hingga vitamin B6 pada apel ampuh dalam mengatasi ketombe.
  4. Salmon, kaya akan omega-3 yang berfungsi dalam menjaga kelembapan kulit kepala sehingga dapat mengatasi masalah ketombe. 
  5. Tuna, sama-sama mengandung omega-3, menjadikannya sebagai salah satu jenis makanan yang dapat mengatasi ketombe.
  6. Kedelai, kaya akan kandungan vitamin E yang berperan aktif dalam memperbaiki kualitas sel kulit kepala. 
  7. Tiram, mengandungan zinc dalam jumlah yang tinggi mampu mengatasi ketombe dan rambut rontok.
  8. Kacang mede, kaya akan zinc yang dapat menutrisi sel kulit kepala secara optimal, sehingga kulit tetap lembap dan terhindar dari masalah ketombe.
  9. Daging merah, yang juga kaya akan zinc.
  10. Kentang, memiliki kandungan vitamin A yang ampuh dalam mengatasi pengelupasan sel kulit mati. Kondisi tersebut merupakan penyebab ketombe yang biasa dialami oleh banyak orang.
  11. Pisang, kandungan vitamin B6, A, C, E, dan mineral seperti zinc, potassium, dan zat besi yang dianggap bisa membantu mengatasi ketombe.
Asupan Makanan Untuk Mengatasi Ketombe