Gejala Asam Urat

Keluhan penyakit ini umumnya mulai dirasakan oleh orang pada usia 30-50 tahun ke atas, terutama laki-laki. Namun, pada perempuan, asam urat paling rentan dialami oleh orang yang sudah menopause, Moms. Asam urat yang berlangsung lama memungkinkan pembentukan semacam kristal yang dapat membuat sendi menjadi nyeri, radang bahkan mengalami pembengkakan. Oleh karenanya, penderita asam urat biasanya mengalami keluhan sakit pada bagian persendian terutama seperti lutut dan kaki.

Selain mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, beberapa faktor penyebab yang menjadi pemicu penyakit asam urat yaitu memiliki riwayat keluarga yang menderita asam urat, mengalami cedera atau baru saja operasi, mengonsumsi gula berlebih dan minuman beralkohol dan memiliki kondisi medis tertentu seperti hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi dan obesitas.

Gejala asam urat yaitu nyeri sendi yang mendadak kemudian hilang dengan sendirinya, lalu tiba-tiba muncul lagi dan hal itu dirasakan secara berkal. Nyeri yang signifikan juga dapat dirasakan oleh penderita asam urat pada malam hari. Pada asam urat akut, lokasi nyeri biasanya hanya pada satu atau beberapa bagian sendi seperti jempol, lutut, kaki, tumit atau pergelangan kaki. Bukan hanya di bagian kaki, nyeri asam urat terasa di sendi tubuh lainnya seperti jari dan pergelangan tangan serta siku, Moms.

Makanan pantangan asam urat antara lain, bayam, kembang kol, kacang polong, jamur, daging merah, seafood seperti ikan sarden, teri, kerang, tuna, asparagus, minuman beralkohol, jeroan dan gula berlebih. Untuk itu penderita asam urat harus mengurangi juga pengonsumsian karbohidrat sederhana seperti gula, permen dan sirup serta makanan olahan yang mengandung banyak gula. Selain pemilihan makanan, konsumsi buah pantangan asam urat juga harus dihindari atau dibatasi, Moms.  

baca juga

Buah Pantangan Asam Urat

Moms sudah tahu kan makanan dan sayuran apa saja yang menjadi pantangan dalam penyakit asam urat, di samping itu ada juga beberapa jenis buah pantangan asam urat yang sebaiknya dijauhi yaitu nangka, nanas, mangga, pisang, anggur, rambutan dan durian, Moms. Konsumsi buah dengan kandungan vitamin C yang banyak seperti jeruk, jambu biji, stroberi dan pepaya. Buah dan sayuran lainnya yang dapat dikonsumsi untuk megobati penyakit asam urat yakni buah naga, belimbing wuluh, tomat, labu kuning, jahe, sereh, sawi hijau dan sawi putih, Moms. 

Nangka

Siapa sangka buah yang kulitnya sedikit mirip durian ini ternyata jadi salah satu buah pantangan asam urat. Jika tetap dikonsumsi, peradangan sendi akan semakin parah bahkan dapat berakibat kelumpuhan, Moms. Serem juga ya, padahal kelihatannya sepele. Tak hanya itu, zat purin yang tinggi pada nagka juga akan mebuat asam urat naik dengan cepat, yang mana kondisi tersebut membuat ginjal tidak bisa berfungsi optimal untuk mengeluarkan kadar asam urat melalui urin. Kadar asam yang menumpuk pada ginjal tersebut dapat menyebabkan batu ginjal. Itu mengapa nangka termasuk buah pantangan asam urat, Moms.

baca juga

Nanas

Buah pantangan asam urat lainnya yakni nanas, Moms. Buah dengan kandungan air cukup banyak dan memiliki rasa asam manis segar ini ternyata tak baik bila dikonsumsi oleh penderita asam urat. Mengapa? Buah nanas tenyata akan bersifat alkoholik saat sudah terfermentasi di sistem pencernaan, Moms sehingga sama seperti minuman beralkohol, nanas perlu dihindari tidak memperparah asam urat.

Rambutan

Buah dengan kulit berambut dan daging buahnya yang manis saat sudah matang ini juga masuk dalam daftar buah pantangan asam urat nih, Moms. Rambutan merupakan salah satu buah dengan kandungan gula alami yang cukup tinggi. Maka tak heran jika rambutan manis saat buahnya sudah matang. Namun tingkat kematangannya yang sudah berlebihan berpengaruh juga dengan sifat alkoholik pada buah rambutan. Sama seperti nanas, hindari juga buah yang satu ini saat sudah menderi penyakit asam urat ya, Moms.

Durian

Memiliki kulit keras berduri namun daging buahnya manis dan empuk saat matang, durian juga jadi buah pantangan asam urat selanjutnya, Moms. Kenapa demikian? Buah dengan aroma semerbak ini dikenal memiliki kandungan kolesterol yang tinggi terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, oleh karena itu buah durian menjadi pantangan untuk penyakit asam urat, Moms.

Anggur

Buah kecil yang berada dalam jumlah banyak dalam satu tangkainya ini merupakan buah pantangan asam urat juga, Moms. Mempunyai kadar gula dan purin yang tinggi di dalamnya, buah anggur juga sebaiknya memang dihindari karena jika dikonsumsi berlebih dapat memicu kenaikan berat badan serta bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.