Blush on
Perona pipi (disebut rouge, blusher atau blush on dalam bahasa Inggris) adalah kosmetik yang umumnya digunakan oleh wanita untuk memerahkan pipi sehingga memberikan penampilan yang lebih muda dan untuk menegaskan bentuk tulang pipi. 

Baru Belajar Makeup? Simak Cara Memakai Blush On untuk Pemula ini, Moms!
source: https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/warna-perona-pipi-yang-tak-biasa

Blush on ini memang berfungsi untuk menyamarkan pipi tembem (chubby) menjadi lebih tirus dan memberi volume pada pipi di wajah tirus. Namun tidak semua jenis blush on cocok digunakan. Sesuaikan jenis blush on agar Moms tidak salah pilih dan membuat riasan kurang sesuai.

Jenis-jenis blush on

  • Powder blush

Jenis blush on ini berbentuk padat, mirip bedak padat (compact powder). Karena partikelnya yang sangat padat, maka blush on ini menampilkan warna yang lebih nyata saat diaplikasikan. Formulanya cocok untuk segala jenis kulit, terutama kulit berminyak.

  • Cream blush

Salah satu kelebihan cream blush ini adalah mudah mengaplikasikannya, bisa langsung dipakai menggunakan jari. Warnanya lebih solid dengan tekstur lebih padat dari pelembab. Saat diaplikasikan pada wajah warnanya mudah menyatu dengan warna kulit. Formulanya cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering. 

  • Gel blush

Warna dari gel blush ini setengah transparan dan tidak terlalu nyata. Terksturnya seperti gel dan umumnya berbentuk tube. Gel blush ini mudah diaplikasikan pada pipi menggunakan tangan karena teksturnya yang badah. Blush on gel cocok untuk semua jenis kulit terutama kulit kering dengan tampilan wajah yang natural.

Baru Belajar Makeup? Simak Cara Memakai Blush On untuk Pemula ini, Moms!
source: https://www.jcpenney.com/p/sephora-collection-dont-be-gel-colorful-cheek-ink-gel-blush-trio/pp5007750727?pTmplType=sephora
  • Ball blush

Bentuknya unik seperti bola-bola kecil. Moms cukup memutar kuas beberapa kali pada ball blush ini dan warna sudah menempel pada kuas. Formulanya cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

  • Chubby pencil blush dan tint blush

Pencil blush kemasannya menyerupai pensil mudah dibawa kemana saja. Cocok untuk jenis kulit normal. Sedangkan tint blush teksturnya lebih cair dari gel blush. Kemasannya berbentuk stick atau botol. Formula tint blush cocok untuk kulit normal yang cenderung berminyak.

Jika Moms termasuk awam dalam dunia make up, Moms bisa simak cara-cara mengaplikasikan blush on untuk pemula berikut ini:

baca juga

Cara menggunakan blush on untuk pemula
Agar mendapatkan wajah merona yang lebih tahan lama, Moms bisa mengaplikasikan blush on pada wajah Moms sebelum mengenakan bedak. 

Baru Belajar Makeup? Simak Cara Memakai Blush On untuk Pemula ini, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/amp.adop.cc/iyaa/post/2018/06/11604/buat-pemula-waspada-5-kesalahan-ini-saat-memakai-blush-on/

Cara tepat memakai blush on ini adalah dengan menyapukan kuas blush on ke wajah dengan arah dari luar ke dalam pipi. Moms bisa mulai menyapukan kuas pada pipi yang sejajar dengan cuping telinga lalu tarik garis lurus menuju sudut bibir. Lakukan hal tersebut berkali-kali hingga Moms mendapatkan intensitas warna yang diinginkan. Nah, penting bagi Moms sebagai pemula untuk tahu beberapa tekhnik pemakaian blush on yang saat ini sedang tren.

Cara memakai blush on di bawah mata
Tekhnik mengusapkan blush on di bawah mata yang berasal dari Jepang dan Korea ini populer di kalangan hijabers. Jadi Moms bisa mengaplikasikan blush on pada area bawah mata sampai ke tulang pipi.

Baru Belajar Makeup? Simak Cara Memakai Blush On untuk Pemula ini, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/lifestyle.okezone.com/amp/2017/04/18/194/1670857/gemasnya-blush-on-demam-simak-tutorialnya

Tampilan blush on pada area bawah mata memang akan menampilkan tampilan wajah yang terlihat polos namun tetap terlihat merona. Berikut ini tips yang bisa Moms ikuti:

  1. Buatlah riasan yang natural pada wajah, riasan yang natural akan menampilkan keselarasan untuk mengaplikasikan blush on di bawah mata.
  2. Moms dapat mengaplikasikan jenis blush on cream pada area titik bawah mata hingga ke bagian tulang pipi paling atas.
  3. Moms dapat meratakan blush on cream dengan jari atau menggunakan beauty blender agar blush on cream bisa diblending dengan sangat rata pada kulit.
  4. Pada tahap akhir pilihlah lip gloss yang warnanya sangat natural agar tampilan Moms makin mirip dengan gaya-gaya wanita Jepang.
baca juga

Cara memakai blush on cream
Cream blush adalah solusi yang dapat Moms coba jika ingin pipi merona alami tanpa membuat kulit jadi kering. Karena blush on cream ini dapat menambah rona pada pipi dengan formula krim yang lebih menghidrasi. Berikut beberapa tips cara mengaplikasikan cream blush ini:

Baru Belajar Makeup? Simak Cara Memakai Blush On untuk Pemula ini, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.grid.id/amp/04195558/tips-makeup-cara-pakai-blush-on-di-bawah-mata-biar-wajah-kamu-makin-cantik-kaya-wanita-jepang-
  1. Persiapkan dasar yang lembut terlebih dahulu dengan memilih foundation bertekstur creamy atau tinted moisturizer atau BB cream. Karena diaplikasikan pada tekstur yang sama-sama basah, kita perlu menghindari formula bedak sebelum memakai cream blush.
  2. Sebelum mengaplikasikannya ke wajah, coba oleskan cream blush menggunakan jari manis dengan gerakan melingkar. Lakukan gerakan tersebut di belakang tangan untuk menghangatkan jari agar Moms dapat membaurkannya di kulit dengan mudah dan menghasilkan hasil akhir yang lebih natural.
  3. Aplikasikan cream blush menggunakan jari dalam takaran yang tidak terlalu banyak agar tampilannya tidak terlihat menor. Dengan menggunakan jari, hal ini menjadi pilihan yang sempurna bagi Moms ketika mengaplikasikan produk makeup yang bertekstur krim.
  4. Sudah membaurkan cream blush di pipi menggunakan jari tapi masih terlihat terlalu terang? Baurkan kembali agar terlihat lebih natural dengan menggunakan brush atau beautyblender.
  5. Salah satu trik agar cream blush yang kita pakai tahan lama seharian adalah dengan memberikan sentuhan lapisan terakhir bedak di atas blush. Cara ini pun berlaku sama seperti kita menggunakan bedak untuk membuat foundation kita tahan lama, Moms.

Cara memakai blush on dengan lipstik
Merasa lipstik cuma bisa dipakai sebagai pewarna bibir? Makeup yang satu ini juga bisa dipakai untuk perona pipi atau blush on, lho! Tidak hanya untuk jenis tertentu, ini berlaku untuk semua jenis lipstik, mulai dari stick sampai liquid. Bagaimana cara mengaplikasikannya?

Baru Belajar Makeup? Simak Cara Memakai Blush On untuk Pemula ini, Moms!
source: https://www.hipwee.com/style/trik-rahasia-cara-merias-mata-bibir-pipi-dan-alis-dengan-lip-balm-sudah-tahu-belum/
  1. Aplikasikan di punggung tangan terlebih dahulu, hal ini untuk menghindari patches yang tidak ngeblend. Cara ini juga bisa juga digunakan untuk mengukur ketebalan warna yang kamu inginkan.
  2. Dengan liptint atau lipstick yang udah ada di punggung Moms tadi, saatnya melakukan step transfer warna ke pipi. Tepuk liptint yang ada di punggung tangan tadi dengan menggunakan jari telunjuk, tengah dan manis secara bersamaan. Di sini, tangan Moms akan bertindak sebagai sponge.
  3. Nah, jika Moms mau blush on terlihat natural, jangan blend blush on di tulang pipi ya! Baiknya, blend blush on Moms ke arah samping menuju tingkat tertinggi dari tulang pipi untuk mendapatkan hasil yang natural.


Berikut tadi macam-macam blush on dan tekhnik pengapliaksiannya di wajah. Selamat mencoba ya Moms!