Gatal pada Kulit

Rasa gatal pada kulit dapat merupakan salah satu gejala seseorang mengalami alergi. Jika mengalami alergi terhadap sesuatu, biasanya akan muncul ruam merah pada kulit dan terasa sangat gatal. Jika hal tersebut terjadi, harus segera ditangani, karena jika tidak gejala alergi tersebut dapat meluas dan dapat berdampak lebih parah terhadap tubuh.

Gatal Alergi Makanan

Gatal yang timbul akibat mengonsumsi suatu makanan bisa jadi merupakan reaksi alergi. Alergi pada makanan disebabkan oleh sistem imun yang bereaksi secara abnormal setalah seseorang mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Tubuh akan menganggap makanan atau minuman tersebut sebagai ancaman sehingga menimbulkan efek gatal pada kulit. Selain gatal pada kulit, alergi makanan juga dapat mempengaruhi pencernaan dan pernafasan.

Gatal-gatal Setelah Minum Kopi, Apakah Gejala Alergi Kafein?
source: https://i.sozcu.com.tr/wp-content/uploads/2019/01/iecrop/shutterstock_1130070668_16_9_1547528372-880x495.jpg
baca juga

Alergi Kafein

Alergi kafein tergolong dalam alergi terhadap makanan. Biasanya beberapa saat setelah mengonsumsi kafein, orang yang alergi terhadap kafein akan merasakan ada sesuatu yang tidak biasa terjadi pada tubuhnya, seperti gatal pada kulit. Penyebab alergi kafein belum dapat diidentifikasi seluruhnya. Namun, jika tubuh merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi kafein, ada kemungkinan Moms dan Dads alergi terhadap makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Gatal-gatal Setelah Minum Kopi, Apakah Gejala Alergi Kafein?
source: http://home.bt.com/images/allergic-to-coffee-136423518005002601-171207125045.jpg

Gejala Alergi Kafein

Pada orang yang mengalami alergi terhadap kafein akan muncul beberapa gejala beberapa saat setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Gejala yang akan muncul antara lain muncul ruam pada kulit dan terasa gatal, diare, mulut dan bibir terasa gatal, keram perut, dan terjadi pembengkakan pada bibir atau lidah.

Gatal-gatal Setelah Minum Kopi, Apakah Gejala Alergi Kafein?
source: https://www.healthline.com/hlcmsresource/images/topic_centers/Allergies/766x415_Do_I_Have_a_Sugar_Allergy.jpg
baca juga

Cara Mencegah Alergi Kafein

Jika Moms dan Dads alergi terhadap kafein, ada baiknya menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi, minuman berenergi, obat-obatan, dan lain-lain. Selain itu perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam makanan atau minuman yang akan dikonsumsi, apakah mengandung kafein atau tidak. Jika iya, sebaiknya dihindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Gatal-gatal Setelah Minum Kopi, Apakah Gejala Alergi Kafein?
source: https://img.webmd.com/dtmcms/live/webmd/consumer_assets/site_images/article_thumbnails/quizzes/allergy_facts_rmq/493x335_allergy_facts_rmq.jpg?resize=493:335

Demikian beberapa informasi mengenai alergi pada kafein. Semoga bermanfaat ya Moms dan Dads!