Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam Urat
source: https://creakyjoints.org/

Kini penyakit asam urat tidak hanya ditemukan pada orang lanjut usia, tetapi kini banyak pula ditemukan pada usia muda. Penyebab asam urat tinggi di usia muda adalah karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Makanan penyebab asam urat adalah daging yang tinggi lemak dan seafood. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis dan minuman bersoda sejak anak-anak juga bisa memicu asam urat di usia muda, termasuk juga minuman yang mengandung gula tinggi, alkohol, dan minuman peningkat stamina.

Penyebab lainnya adalah malas berolahraga (berat badan tidak terkontrol), efek samping dari obat-obat tertentu (anti hipertensi, obat jantung, ginjal, dan sebagainya), akibat dari penyakit lama yang tidak sembuh (jantung, ginjal, stroke, batu ginjal), dan pengaruh genetika.

Gejala Asam Urat Tinggi

Gejala Asam Urat Tinggi
source: https://healthprofessionalradio.com.au/

Gejala asam urat tinggi berupa rasa nyeri yang menyerang sendi-sendi dikarenakan adanya peradangan. Nyeri dan linu dirasakan pada sendi jari tangan, jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki, bahkan bengkak jika kondisinya parah. Biasanya juga diselingi dengan kesemutan dan radang sendi yang tampak merah di permukaan kulit. Nyeri dan sakit yang tidak tertahankan ini biasanya terjadi ketika bangun tidur atau menjelang tidur.

Rasa nyeri yang terjadi biasanya berwarna merah, diikuti dengan rasa panas yang menyengat. Nyeri di sendi kaki yang semakin parah akan terasa semakin keras, kaku, dan semakin sulit digerakkan.

baca juga

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

 

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami
source: https://images.agoramedia.com/

Mengatasi asam urat tidak harus bergantung pada obat-obatan. Banyak cara mengobati asam urat secara alami, berikut ini di antaranya.

  1. Minum jus seledri. Moms bisa buat jus seledri untuk atasi asam urat. Tambahkan air dan sedikit gula. Kandungan dalam seledri, terutama glikosida, sangat efektif untuk mengatasi asam urat. Ini dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi dan menambah kandungan kalsium pada tulang.
  2. Minum banyak air mineral, minimal delapan gelas perhari. Ini dapat membantu membuang zat yang tidak terpakai dari dalam tubuh, termasuk asam urat yang menumpuk dalam tubuh.
  3. Minum jus lemon, dua kali sehari. Kandungan asam sitrat dalam jus lemon dapat mengusir asam urat dari tubuh.
  4. Hindari minuman beralkohol. Karena menimbulkan dehidrasi, minuman yang mengandung alkohol ini menyebabkan ginjal harus bekerja keras untuk menyaring 'limbah' dalam darah, sehingga meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.
  5. Makan buah dan sayur yang kaya antioksidan. Kandungan flavonoid dalam buah berry mampu mengatasi peradangan dan keram. Tomat dan paprika juga mampu membuat kadar asam urat dalam tubuh seimbang.
  6. Makan makanan yang kaya serat, seperti pisang dan oat. Ini dapat membantu penyerapan dan mengusir asam urat dari tubuh.
  7. Hindari konsumsi makanan yang mengandung gula tambahan. Gula tambahan berpotensi meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Sebaiknya Moms membaca dahulu label makanan yang tertera, sebelum membelinya.
  8. Kelola stres dengan baik. Stres dan kualitas tidur yang buruk menyebabkan peradangan, sehingga kadar urat dalam tubuh bisa meningkat. Redakan stres dengan kegiatan positif penetral stres, seperti yoga.
  9. Kontrol berat badan. Kelebihan berat badan menjadi salah satu penyebab tingginya asam urat. Kontrollah pola makan dan rajinlah berolahraga, ya!