Cacar air atau varicella merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Penyakit ini menyebar dari seseorang yang telah terinfeksi kepada orang lain yang berinteraksi dengannya. Itulah sebabnya cacar air lebih rentan dialami oleh anak-anak karena sistem pertahanan tubuh anak yang masih lemah, ditambah kebanyakan orang dewasa sudah pernah mengalami cacar air dan pernah diberi vaksin.

Penyakit cacar air umumnya sembuh dalam 1-2 minggu, gejalanya yaitu demam, sakit kepala, dan hilangnya nafsu makan. Kemudian dalam satu sampai dua hari akan muncul ruam kemerahan di hampir seluruh bagian kulit. Ruam atau bintik kemerahan pada cacar air berisi cairan yang dapat menimbulkan lepuhan pada bagian atas bintik, dan akan menimbulkan rasa yang sangat gatal setelah 12-14 jam kemunculannya. 

Bekas Penyakit Cacar Air Mengganggu Penampilan? Coba dengan 7 Bahan Alami Ini, Moms

Cara Alami Menghilangkan Bekas Cacar Air

Ruam cacar air yang muncul akan terbagi ke dalam tiga fase, yaitu benjolan merah muda pada
seluruh tubuh, kemudian benjolan menjadi lecet serta berisi cairan, dan terakhir benjolan menjadi berkerak, berkeropeng, lalu mulai sembuh. Proses mengeringnya bekas cacar air ini umumnya akan meninggalkan bekas berupa bopeng atau bintik-bintik coklat yang sangat mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya, moms bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut yang aman bagi kulit anak.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Cacar Air
baca juga

Air Kelapa

Mineral dan vitamin yang terkandung dalam air kelapa akan membuat kulit menjadi lebih sehat, selain itu air kelapa juga dapat membantu detoksifikasi tubuh. Cara menggunakan air kelapa untuk menghilang bekas cacar yaitu dengan membalurkannya pada kulit yang memiliki noda bekas cacar, atau mencampurkannya dengan air dan digunakan untuk berendam dalam bathtub. Konsumsi air kelapa juga akan membantu mengoptimalkan penyembuhan kulit dari dalam.

Air Kelapa

Oatmeal

Oatmeal sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kulit sensitif, alergi, dan kulit yang
rentan eksim. Kandungan antioksidan dan antiperadangan dalam oatmeal dipercaya dapat membantu menyembuhkan masalah kulit dan melembabkannya. Penggunaan oatmeal untuk menghilangkan bekas cacar yaitu dengan cara menyeduh oat dengan air panas, kemudian mengoleskannya pada bekas cacar pada saat oatmeal sudah dalam keadaan dingin. Diamkan oat selama sekitar 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Oatmeal
baca juga

Madu

Kandungan antibakteri dan antioksidan pada madu dapat menyembuhkan bekas luka, membentuk sel yang sehat, serta memperbaiki kondisi kulit. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan
madu secara langsung pada kulit dengan bekas luka cacar, lalu membiarkannya meresap selama
15-20 menit. Selanjutnya tinggal membilas madu dengan air sampai bersih.

Madu

Pepaya

Berkat kandungan vitamin E di dalamnya, pepaya sangat efektif untuk mengangkat sel kulit mati
dan menyamarkan bekas luka. Penggunaannya yaitu dengan cara mencampur pepaya, gula merah, dan susu hingga membentuk adonan seperti pasta dan mengoleskannya pada bekas cacar. Akan lebih efektif jika terlebih dahulu menggosok perlahan masker yang telah mengering sebelum dibilas.

Pepaya

Lidah Buaya

Lidah buaya efektif untuk melembabkan kulit. Selain itu kandungan asam amino dan antoiksidan
dapat menyembuhkan kulit yang terluka atau memiliki bekas luka. Cara menggunakannya yaitu
dengan memotong daun lidah buaya, kemudian ambil gel nya. Setelah itu oleskan gel pada kulit
dan biarkan mengering. Lakukan perawatan 2-3 kali seminggu sampai hasil yang diinginkan
tercapai.

Lidah Buaya

Air Lemon

Kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik bagi kesehatan kulit dan tubuh, serta dapat memulihkan kulit yang rusak, air perasan lemon akan sangat efektif untuk menghilangkan noda bekas cacar. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan air perasan lemon pada bekas cacar, lalu mendiamkannya selama 15 menit dan kemudian dibilas.

Air Lemon

Minyak Kelapa

Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa dapat memperbaiki kulit yang rusak, merangsang produksi kolagen serta mempercepat proses penyembuhan kulit. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai penghilang bekas cacar yaitu dengan mengoleskannya pada bekas luka, kemudian pijat kulit yang telah diolesi minyak dan biarkan sampai kering. Lakukan perawatan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

Minyak Kelapa