Siapa sih yang betah kulitnya dihinggapi jerawat? Masalah kulit satu ini memang menjadi musuh bagi semua orang. Karena selain mengganggu penampilan, timbulnya jerawat juga sering kali disertai dengan rasa sakit maupun peradangan. Pada dasarnya terdapat 4 kondisi yang menyebabkan jerawat bisa muncul, yaitu produksi sebum berlebih. Sebum adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk melembabkan kulit, namun jika zat ini diproduksi secara berlebihan dapat memicu timbulnya jerawat.

Kedua yaitu adanya sumbatan pada fotikel rambut, sebenarnya seluruh permukaan kulit dilindungi oleh rambut atau bulu-bulu halus. Nah jika fotikel pada rambut tersebut tersumbat oleh sel kulit mati dan sebum, maka jerawat akan muncul. Ketiga yaitu bakteri, jenis bakteri penyebab jerawat adalah Propionibacterium acnes. Terakhir yaitu jerawat dapat timbul karena pengaruh hormon. Namun, selain 4 penyebab tersebut jerawat juga bisa timbul akibat kebiasaan sehari-hari loh moms. Di antaranya adalah:

Memencet Jerawat

Suka gemas dengan jerawat yang muncul dan terlihat sangat mengganggu? Jangan buru-buru dipencet moms! Memencet jerawat justru dapat menimbulkan masalah baru pada kulit. Jerawat yang dipencet dan ditekan menyebabkan sumbatan pori-pori kulit dapat masuk lebih dalam, hal ini membuat proses penyembuhan jerawat berlangsung lebih lama dan jerawat juga akan menimbulkan bekas. Sebisa mungkin hindari untuk menyentuh jerawat, apalagi dengan menggunakan tangan kotor.

baca juga

Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Jika tangan moms dalam kondisi kotor, jangan pernah sekalipun untuk menyentuh wajah. Bakteri dari berbagai kotoran yang menempel pada tangan dapat beralih ke wajah sehingga akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Selain menjaga kebersihan tangan, moms juga perlu menjaga peralatan yang ering moms gunakan, terutama yang menempel langsung dengan wajah seperti handphone, kuas makeup, dan haduk. Jangan lupa juga untuk selalu memotong dan menjaga kebersihan kuku.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Setelah mengetahui bahwa bakteri dan kotoran ada;ah salah satu faktor utama pemicu jerawat, moms mungkin akan selalu menjaga kebersihan wajah dengan sering mencuci muka. Tapi, kegiatan ini justru bisa menjadi bumerang loh moms. Mencuci muka terlalu sering akan mengakibatkan kulit wajah menjadi lebih sensitif sehingga rentan terjadi iritasi. Selain itu, sabun kulit yang terlalu sering terpapar sabun pencuci muka juga dapat menyebabkan acne detergenitas, yaitu kondisi di mana jerawat muncul akibat reaksi terhadap zat yang terkandung dalam sabun. Jadi sebaiknya cuci muka cukup dilakukan 2 kali sehari menggunakan produk yang tepat, karena sejatinya sebum berfungsi untuk melembabkan dan melindungi kulit wajah.

baca juga

Makeup Berlebihan

Penggunaan makeup berlebih yang dimaksud disini adalah cara pemilihan produk makeup dan durasi pemakaian makeup itu sendiri. Untuk kulit yang rentan terhadap jerawat, atau oily skin sebaiknya memilih makeup khusus yang dapat mengontrol produksi minyak selama makeup dipakai. Pilih juga produk makeup yang berlabel non-komedogenik sehingga tidak akan menyebabkan komedo dan menyumbat pori-pori. Sebaiknya juga segera bersihkan makeup setelah durasi pemakaiannya cukup.

Makanan Manis dan Olahan

Selain faktor dari luar, faktor dari dalam seperti makanan yang dikonsumsi juga dapat mempengaruhi munculnya jerawat. Makanan manis seperti roti putih cake, dan cokelat yang tinggi akan glukosa dapat merangsang kenaikan hormon insulin yang memicu peningkatan jumlah sel kelenjar minyak dan keringat pada wajah. Makanan lainnya yang memberi pengaruh terhadap kondisi jerawat yaitu makanan olahan, terutama yang tinggi lemak seperti gorengan dan keripik. Olahan makanan yang digoreng atau menggunakan minyak berlebih akan membuat kulit memproduksi lebih banyak sebum.