Ketombe adalah salah satu masalah di kulit kepala yang hampir pernah dialami oleh semua orang. Ketombe sendiri merupakan serpihan sel kulit mati yang berwarna putih keabuan, munculnya ketombe disebabkan oleh kerontokan sel kulit yang terlalu cepat. Jika ketombe pada umumnya muncul di area kulit kepala, pernahkah moms melihat atau bahkan mengalami munculnya ketombe di alis?

Ya, hal ini sangat mungkin terjadi terutama bagi moms yang memiliki alis cukup tebal. Meskipun bukan merupakan penyakit berbahaya, namun munculnya ketombe di alis tentu akan sangat mengganggu penampilan karena lebih tampak dibanding ketombe yang ada di kulit kepala.

Ketombe Juga Bisa Muncul di Alis! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ketombe di Alis

Munculnya ketombe di alis dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

  1. Kondisi kulit wajah. Jika kondisi kulit wajah berada dalam keadaan yang tidak sehat, entah itu terlalu kering atau berminyak maka resiko munculnya ketombe di alis akan lebih rentan. Penggunaan produk kimia yang terlalu keras hingga memengaruhi kelembapan kulit juga dapat mempengaruhi timbulnya ketombe ini.
  2. Seborrheic Dermatitis, merupakan kondisi di mana kulit mengalami peradangan dan pengelupasan akibat produksi minyak berlebih, alis yang merupakan salah satu bagian kulit dengan kelenjar minyak terbanyak pasti akan bermasalah karena kondisi ini.
  3. Sdanya jamur Malassezia, yaitu jamur ragi yang menyebabkan munculnya ketombe akibat kelebihan minyak pada folikel rambut yang akhirnya memunculkan iritasi, pertumbuhan kulit tambahan, dan pengelupasan.
  4. Psoriasis atau kondisi penyakit kulit yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan kulit menjadi kering, mengelupas, meradang dan memunculkan ketombe di alis.
  5. Contact Dermatitis yaitu munculnya ketombe di alis yang disebabkan oleh kontak dengan kosmetik seperti penggunaan pensil alis berkualitas buruk.
Penyebab Ketombe di Alis
baca juga

Cara Mengatasi Ketombe di Alis

Untuk mengatasi ketombe di alis tentunya diperlukan treatment sesuai dengan kondisi atau keadaan yang menyebabkan ketombe tersebut muncul. Jika ketombe disebabkan oleh kondisi kulit wajah yang tidak sehat, maka yang pertama perlu dilakukan yaitu memperbaiki kondisi kulit wajah hingga menjadi normal kembali.

Namun, jika ketombe di alis disebabkan oleh adanya jamur, peradangan atau pengelupasan kulit berlebih pada area alis, yang harus dilakukan yaitu menghentikan pertumbuhan jamur dan peradangan dengan cara memberikan perawatan khusus untuk kulit alis. Penghentian penggunaan produk kosmetik untuk alis juga sebaiknya dikurangi atau bahkan dihilangkan untuk sementara selama masa penyembuhan. 

Cara Mengatasi Ketombe di Alis

Shampo dengan Kandungan Zinc

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan ketombe di alis adalah dengan menjaga kebersihannya. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menggunakan shampo dengan kandungan zinc pada alis. Langkahnya, oleskan shampo pada area alis, kemudian diamkan sekitar 3 sampai 5 menit sebelum di bilas. Cara ini dapat mengurangi jumlah jamur dan peradangan di area alis. Untuk mendapatkan sampo dengan kandungan zinc di pasaran cukup mudah, karena umumnya shampo anti ketombe yang beredar di pasaran pasti mengandung zinc. Hati-hati saja pada saat melakukan treatment ini, jangan sampai shampo masuk ke mata.

Shampo dengan Kandungan Zinc
baca juga

Shampo Bayi

Jika moms khawatir shampo dengan kandungan zinc akan terasa perih ketika tak sengaja masuk ke mata, maka moms bisa menggantinya dengan shampo bayi. Caranya sama, yaitu cukup dengan mengoleskan shampo pada alis, memijatnya perlahan kemudian bilas dengan air bersih. moms juga bisa mencampurkan shampo dengan lemon atau lidah buaya untuk hasil yang lebih optimal.

Shampo Bayi

Minyak Alami

Upaya terakhir yang dapat dilakukan untuk menghilangkan ketombe di alis adalah dengan menggunakan minyak alami. Minyak alami yang dapat digunakan yaitu minyak kelapa, zaitun, atau almond. Caranya yaitu dengan mengoleskan salah satu dari 3 minyak tersebut ke alis, kemudian pijat alis hingga kerak ketombe berkurang. Diamkan sekitar 5 sampai 10 menit sebelum membilas alis menggunakan shampo.

Minyak Alami