Asam urat
Asam urat adalah penyakit sendi yang muncul karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Gaya hidup yang tidak sehat sedikit banyak memicu penyakit degeneratif ini terjadi. Asam urat juga menjadi salah satu penyakit yang banyak sekali diidap oleh masyarakat Indonesia.

Organ tubuh yang paling sering terkena asam urat adalah persendian tangan, lutut, pergelangan kaki, dan juga jari kaki, mengingat di bagian tubuh tersebut biasanya tempat menumpuknya kandungan asam urat berlebih yang banyak berasal dari makanan dengan kadar asam urat tinggi.

Berapa Nilai Normal Asam Urat dan Kolesterol Dalam Tubuh? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://www.alodokter.com/informasi-seputar-kadar-asam-urat-normal

Umumnya asam urat menyerang usia dewasa, apalagi pada wanita paling banyak terjadi setelah menopause, namun saat ini banyak juga anak muda pria maupun wanita baru berusia sekitar 30 tahunan yang menderita penyakit ini. Rasa sakit akibat asam urat paling banyak terjadi malam dan pagi hari ketika bangun tidur dan bisa berlangsung selama 4-11 hari. Bahkan jika tidak segera ditangani sendi yang bengkak akan diikuti dengan warna kulit yang memerah dan sulit untuk bergerak karena rasa nyeri yang teramat menyiksa. Nah, Moms bisa mencegah penyakit asam urat ini setelah tau penyebabnya. Apa saja ya?

Penyebab asam urat
Rasa sakit di persendian akibat asam urat terjadi karena kristal-kristal tajam pada bagian sendi mulai terbentuk akibat makin banyaknya zat asam urat terkumpul. Beberapa jenis makanan dengan kadar asam urat tinggi seperti jeroan, hidangan laut, daging merah banyak jadi pemicu sakit ini.

Berapa Nilai Normal Asam Urat dan Kolesterol Dalam Tubuh? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://www.pengensehat.com/makanan-penyebab-asam-urat.htm

Selain makanan tinggi kadar asam urat, minuman beralkohol juga bisa jadi pemicu asam urat. Komplikasi penyakit dalam lain seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik bisa jadi dampak dari asam urat atau bisa juga penderita penyakit dalam di atas berisiko terkena asam urat juga mengingat asam urat erat kaitannya dengan fungsi ginjal yang tidak maksimal.
Penyebab penyakit asam urat secara rinci sebagai berikut:

  • Banyak makan menu yang tidak sehat seperti daging tinggi lemak, makanan laut, minuman yang banyak mengandung gula atau zat pemanis, alkohol, semua minuman bersoda, minuman yang meningkatkan energi tubuh.
  • Kontrol berat badan kurang sehingga muncul obesitas, biasanya malas berolah raga
  • Akibat penyakit yang lama tidak sembuh seperti jantung, penyakit ginjal, stroke, batu ginjal.
  • Sensitif dan efek samping obat tertentu seperti anti hipertensi, obat jantung, ginjal dan organ lainnya.
  • Efek genetik dan biasanya terjadi pada usia > 31 tahun hingga 56 tahun dan untuk wanita biasanya saat masuk usia menopause.
baca juga

Nilai normal asam urat dan kolesterol
Mengetahui kadar asam urat dan kolesterol yang normal sangat penting sebagai patokan dalam menjaga pola makan dan gaya hidup agar tetap sehat. Dengan mengetahui kadar normal maka kita bisa lebih waspada jika kadar asam urat dan kolesterol tiba tiba meningkat.

Berapa Nilai Normal Asam Urat dan Kolesterol Dalam Tubuh? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://sehatherba.com/artikel-asam-urat/kadar-asam-urat-normal-pria-dan-wanita.html

Untuk kadar asam urat yang normal adalah:

  • Perempuan : 2.4–6.0 miligram per desiliter (mg/dL)
  • Laki-laki : 3.4–7.0 mg/dL
  • Anak-anak: 2.0–5.5 mg/dL


Untuk kadar kolesterol yang normal adalah:

  • Untuk kolesterol HDL > 40 mg/dL
  • Untuk kolesterol LDL < 130 mg/dL
  • Untuk total kolesterol < 200 mg/dL

Nilai asam urat normal pada pria
Wajarnya, kadar asam urat di dalam tubuh akan disaring dan kemudian dibuang oleh ginjal melalui urine kita. Sayangnya, jika kita mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan purin secara berlebihan, maka kadar asam urat akan meningkat drastis dan membuat ginjal akan kewalahan dalam menyaringnya. Akibatnya, tidak semua asam urat ini terbuang melalui air seni dan akhirnya mengendap di beberapa bagian tubuh.

Sebagai contoh, asam urat di ginjal akan mengkristal menjadi batu ginjal dan asam urat yang berada di daerah persendian akan mengkristal di persendian dan akhirnya menyebabkan masalah asam urat.

Berapa Nilai Normal Asam Urat dan Kolesterol Dalam Tubuh? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://www.halodoc.com/ini-batas-kadar-asam-urat-yang-normal-bagi-pria

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kadar asam urat yang normal bagi pria dewasa adalah antara 2 hingga 7,5 miligram per desiliter darah. Sementara itu, untuk pria dengan usia lebih dari 40 tahun, maka kadar asam urat yang normal sebanyak 2 hingga 8,5 miligram per desiliter darah. Sementara untuk para remaja pria dengan usia antara 10 hingga 18 tahun, kadar asam urat yang normal biasanya adalah antara 3,6 hingga 5,5 desiliter darah. 

baca juga

Nilai asam urat normal pada wanita
Kadar asam urat normal wanita dapat diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan darah. Untuk menghindari rasa nyeri yang mengganggu aktivitas, Moms harus paham dulu kadar asam urat yang normal tersebut. 

Berapa Nilai Normal Asam Urat dan Kolesterol Dalam Tubuh? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/s/m.viva.co.id/amp/blog/kesehatan/1126043-wanita-harus-tahu-tiga-cara-menjaga-kadar-asam-urat-tetap-normal

Nah, kadar asam urat normal wanita adalah sekitar 2 miligram/desiliter hingga 6,5 miligram/desiliter untuk yang berusia diatas 18 tahun, sementara untuk wanita yang mendekati atau sudah menopause kadar normalnya adalah 2 miligram/desiliter hingga 8 miligram/desiliter. Tidak hanya itu, wanita usia 10 hingga 18 tahun juga memiliki kadar normal yaitu 3,6 miligram/desiliter hingga 4 miligram/desiliter.

Tabel asam urat normal
Untuk memudahkan Moms dalam membaca kadar normal asam urat bagi pria dan wanita sesuai dengan usianya, Moms bisa membaca tabel di bawah ini :

Berapa Nilai Normal Asam Urat dan Kolesterol Dalam Tubuh? Cari Tahu Yuk, Moms!
source: https://anggadewantara.com/penyebab-asam-urat/

Nah, Moms mulai sekarang bisa menghindari penyebab-penyebab asam urat tersebut untuk hidup yang lebih sehat ya! Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Keep healthy.