Behel gigi merupakan alat yang berbentuk kawat yang biasa digunakan untuk memperbaiki gigi atau rahang yang tidak rata seperti antar gigi yang renggang serta gigi yang tumbuh bertumpukkan. Behel gigi digunakan oleh ortodontis demi menjaga kesehatan gigi, tidak hanya untuk keindahan gigi saja, moms. Behel gigi memang lebih dikenal di kalangan anak muda, tapi tidak menutup kemungkinan orang tua bisa menggunakannya, karena penggunaan behel gigi sendiri memiliki manfaat.

Manfaat Behel Gigi

Manfaat setelah menggunakan behel gigi dapat memudahkan moms mengunyah makanan, moms pun akan lebih percaya diri menunjukkan senyum yang indah dengan memperlihatkan deretan gigi yang rapih. Dengan behel gigi, masalah di area gigi seperti terkena bakteri hingga berakibat pada gusi pun bisa teratasi, serta kebersihan gigi tetap terjaga. Struktur gigi yang tidak normal menyebabkan temporomandibular disorder atau kondisi rahang yang tertekan, pemakaian behel gigi pun bermanfaat untuk mengatasi masalah tersebut.

Manfaat Behel Gigi
baca juga

Usia Tepat Memakai Behel Gigi

Moms harus perhatikan betul ya, pemasangan behel gigi harus dilakukan oleh ortodonti atau spesialis dokter gigi, karena saat ini terdapat salon kecantikan yang menyediakan jasa pemasangan behel gigi, moms harus waspada. Selain itu pemasangan behel juga ditentukan oleh usianya, moms. Behel gigi sudah bisa digunakan anak usia 6 tahun, akan tetapi kawat yang dipasang berbeda sesuai dengan kondisinya, kawat yang digunakan biasanya kawat gigi lepasan.

Namun, untuk usia di bawah 12 tahun, pemasangan behel gigi cenderung tidak berhasil dibanding pemasangan behel gigi di usia 12 tahun ke atas. Pada usia 12 tahun merupakan usia dimana gigi mulai berubah ke gigi permanen atau gigi dewasa, dan bisa dikatakan usia 12 tahun merupakan usia yang tepat atau diperbolehkan memakai behel gigi.  

Usia Tepat Memakai Behel Gigi

Risiko Memakai Behel Gigi

Meski memiliki manfaat dan sangat dianjurkan pemasangan behel gigi sejak dini, tak menutup kemungkinan behel gigi juga memiliki risiko. Risiko pada saat memakai behel gigi, mulai timbul rasa sakit dan ngilu pada gigi yang sangat menganggu. Di awal pemakaian behel gigi, moms pasti merasakan tidak nyaman pada gigi dan kesulitan mengunyah makanan.

Jika behel gigi mengalami kerusakan, akan pula berisiko cidera dan bengkak di area bibir, gusi, dan pipi. Kerusakan behel gigi bisa saja terjadi saat mengalami benturan atau cara makan yang tidak sesuai anjuran dokter gigi. Mematuhi petunjuk dokter gigi sangat penting, agar hasil dari penggunaan behel gigi maksimal sehingga bentuk gigi tidak kembali ke bentuk aslinya.

Risiko Memakai Behel Gigi