Kandungan Bawang Merah

Khasiat bawang merah tak lepas dari kandungan zat di dalamnya yang berlimbah. Kandungan bawang merah antara lain karbohidrat dan zat gula yang memiliki fungsi sebagai sumber energi utama di dalam tubuh. Selain itu, pada bawang merah terdapat protein yang berfungsi memperlancar metabolisme dan regenerasi sel, sehingga seluruh sistem jaringan tubuh bekerja sebagaimana mestinya.
 
Vitamin B6 dan C pada bawang juga dapat menjaga kesehatan tubuh diantaranya adalah kulit, darah, maupun syaraf. Di samping itu, adanya kalsium pada bawang merah juga berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, sedangkan zat besinya berguna untuk memperlancar pengangkutan oksigen ke seluruh jaringan darah di dalam tubuh.
 
Magnesium bawang merah mampu membentuk protein dan DNA. Sedangkan kalium berfungsi untuk memperkuat sistem kinerja jantung. Ada juga kandungan flavonoid sebagai antioksidan tambahan dimana bisa menangkal radikal bebas. Kandungan folatnya, untuk menormalkan kinerja saraf. Terakhir yaitu zat kromium, sebagai pembakar lemak. Wah, banyak sekali ya Moms manfaatnya.

Hilangkan Bekas Luka dengan Bawang Merah, Bagaimana Caranya Ya, Moms?

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Sebagai tanaman obat herbal, bawang merah mampu meredakan berbagai penyakit. Manfaat bawang merah untuk kesehatan antara lain meredakan penyakit flu, batuk, masuk angin, mengatasi masalah pernafasan untuk mengurangi radang tenggorokan.
 
Cara termudah mengambil manfaatnya cukup dengan membuat  jus bawang merah dengan madu dan jahe. Manfaat lain bisa untuk mengatasi bau mulut dan infeksi pada gusi, mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan sistem ekskresi, memperbaiki kinerja sistem syaraf agar dapat lebih tenang, serta mencegah diabetes.

baca juga
Hilangkan Bekas Luka dengan Bawang Merah, Bagaimana Caranya Ya, Moms?

Bawang Merah untuk Menghilangkan Bekas Luka

Bawang merah untuk menghilangkan bekas luka lantaran adanya kandungan sejumlah flavonoid seperti quercetin, kaempferol dan cepalin. Banyaknya kandungan flavonoid memperkuat kapiler, jaringan ikat, dan dinding pembuluh darah sehingga dapat mengurangi pendarahan sehingga menghindari dampak varises dan memar serta menyembuhkan memar di daerah-daerah tertentu lebih cepat. 
 
Selain itu, bawang merah memiliki kandungan senyawa silika yang tinggi, yang akan memicu pertumbuhan kolagen pada benjolan keloid. Kandung zat anti bakteri pada bawang merah juga dapat mencegah keloid menyebar.  Dan karena sifatnya anti-inflamasi, bawang merah juga merangsang produksi kolagen kulit sehingga dapat berperan sebagai agen filter mengisi jaringan luka sehingga bekas luka cepat hilang. 

Hilangkan Bekas Luka dengan Bawang Merah, Bagaimana Caranya Ya, Moms?

Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bawang Merah

Cara menghilangkan bekas luka dengan bawang merah cukup di buat jus atau ditumbuk halus untuk menutup luka. Cara lain, cukup cincang halus bawang lalu peras airnya dan oleskan pada bekas luka. Oh ya Moms sebaiknya cuci bekas luka atau keloid dengan air hangat sebelum diolesi agar lebih steril ya. Lakukan perawatan ini 3 kali seminggu ya Moms, maka lukapun akan hilang.

Ternyata bawang merah memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh ya Moms, terutama untuk bekas luka, jadi enggak perlu ragu untuk mencoba.