Penyebab Gatal di Selangkangan

Gatal yang terasa di selangkangan bisa jadi karena infeksi jamur. Area selangkangan mudah sekali lembab dan hangat. Ini membuat jamur dapat berkembang dengan cepat. Sebagai catatan, infeksi jamur yang menyebabkan gatal di selangkangan sangat rentan bagi penderita diabetes dan obesitas.

Jamur penyebab kurap atau infeksi dermatofit di selangkangan sebenarnya alami hidup di jaringan kulit, rambut, dan kuku yang mati. Penyakit ini sangat menular dengan cara kontak langsung melalui kulit.

Kutu kelamin juga bisa menjadi penyebab gatal di selangkangan. Serangga parasit kecil berukuran 1-2 milimeter ini bisa hidup di rambut kasar manusia, termasuk rambut kemaluan. Di malam hari, gatal akan terasa semakin parah karena kutu menjadi lebih aktif dan menghisap darah.

Selain itu, gatal di selangkangan juga bisa disebabkan oleh iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat. Jika tidak segera diobati, kulit yang basah dan lembap akibat keringat dapat membuat lecet semakin parah.

Penyebab Gatal di Selangkangan

Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan

Hal penting dalam mengatasi rasa gatal adalah menghindari menggaruk area yang gatal. Menggaruk malah akan menyebabkan infeksi bakteri. Untuk menghilangkan gatal di selangkangan, Moms bisa gunakan cara tradisional, yaitu dengan air garam. Cara menghilangkan gatal di selangkangan dengan air garam mudah saja. Larutkan air dengan garam secukupnya, lalu siramkan ke area yang gatal.

Apabila gatal di selangkangan disebabkan oleh jamur, gunakan krim antijamur di malam hari sebelum tidur. Pilihlah krim antijamur yang mengandung terbinafine, miconazole, clotrimazole atau butenafine. Ini akan membantu melawan jamur. Meskipun gejala mereda, sebaiknya jangan hentikan penggunaan krim ini dahulu untuk mencegah infeksi yang mungkin datang lagi.

Beberapa obat untuk menghilangkan gatal di selangkangan yang ampuh adalah Ketoconazole, Ketomed, Nizoral Cream, Nosib, dan Zoloral Cream. Gunakanlah obat ini secara wajar, sesuai aturan yang tertera. Jika gatal yang dirasakan tidak kunjung reda, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan
baca juga

Tips Mencegah Gatal di Selangkangan

Berikut ini tips-tips untuk mencegah gatal di selangkangan:

  1. Hindari celana yang terlalu ketat. 
  2. Jaga area selangkangan agar selalu kering dan bersih.
  3. Konsumsi yoghurt secara rutin.
  4. Hindari bahan kimia atau material yang menjadi pemicu alergi.
  5. Hindari penggunaan handuk bersamaan dengan orang lain.
Tips Mencegah Gatal di Selangkangan