Teknik Menyusui yang Benar

1. Posisi Nyaman

1. Posisi Nyaman

Setiap Moms memiliki posisi nyamannya masing-masing saat menyusui. Dan ini tidak ada batasnya, ada Moms yang nyaman menyusui sambil duduk, berbaring bahkan sambil menggendong. Semua posisi tersebut tergantung kepada kenyamanan Moms. Jangan takut dibilang salah jika posisi nyaman Moms saat menyusui berbeda dengan orang lain, karena kenyamanan hanya kita yang bisa merasakan Moms. Moms hanya perlu memperhatikan posisi duduk atau berbaring yang benar saja, jangan sampai posisi tersebut mempengaruhi posisi tulang belakang Moms. Moms bisa menambahkan bantal menyusui untuk meningkatkan kenyamanan saat kegiatan menyusui berlangsung.

baca juga

2. Dekatkan Bayi ke Payudara

2. Dekatkan Bayi ke Payudara

Jika si kecil masih di bawah 1 bulan, tentunya si kecil masih membutuhkan bantuan saat menyusui. Dekatkan si kecil ke payudara saat Moms akan menyusui. Biarkan si kecil aktif mencari puting Moms agar motoriknya terasah secara perlahan. Memberikan dekapan hangat dan belaian lembut akan menambah bonding antara Moms dan si kecil sehingga kegiatan menyusui akan lebih menyenangkan.

3. Perlekatan Mulut Bayi dan Puting yang Benar

3. Perlekatan Mulut Bayi dan Puting yang Benar

Setelah si kecil aktif mencari puting dan menemukannya, Moms juga harus memperharikan perlekatan mulut bayi dengan puting. Kesalahan cara menyedot ini akan mempengaruhi terhadap kebiasaan yang akan berdampak terhadap bentuk mulut si kecil. Usahakan untuk sampai menempelkan mulut si kecil hingga lingkaran puting, sehingga si kecil tidak terlalu berusaha untuk memajukan bibirkan saat menyedot susu dari Moms.

baca juga

4. Posisi Bayi

4. Posisi Bayi

Ketika menyusui, tak hanya Moms yang akan mencari posisi nyaman, namun si kecil pun sama. Seiring dengan pertumbuhan si kecil, Moms akan merasa bahwa posisi si kecil ketika menyusui semakin beragam bahkan mendekati ekstrim. Meskipun menggemaskan, namun Moms tetap harus memperhatikan posisinya. Karena akan berpengaruh terhadap posisi tulang hingga kepala.