Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Biasanya gejala sakit pinggang sebelah kiri mengindikasikan adanya masalah pada ginjal. Ada beberapa gejala yang bisa terlihat saat sakit pinggang sebelah kiri seperti timbul rasa sakit saat buang air kecil bahkan sedikit sulit, untuk fase yang sudah parah, bisa sampai kencing darah. Selain itu, biasanya sakit pinggang sebelah kiri akan menyebabkan mual, dan lagi pada fase yang sudah parah dapat mendorong Moms atau Dads untuk muntah karena tidak tahannya menahan rasa sakit.

Apa Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri?

baca juga

1. Otot Menegang

1. Otot Menegang

Bagi Moms dan Dads yang membutuhkan mobilisasi yang tinggi saat bekerja, tidak dapat dihindari jika otot menegang dapat terjadi. Selain karena kurangnya peregangan, otot menegang dapat disebabkan oleh gerakan yang dilakukan secara langsung dalam waktu yang cepat. Seperti duduk lalu berdiri dengan cepat sehingga otot meregang karena kaget dengan pergerakan tersebut. Terlalu lama berdiri dan berjalan pun dapat menyebabkan otot mudah meregang. Penggunaan sepatu hak tinggi bagi Moms juga dapat mempengaruhi otot karena beban yang dipikul tubuh semakin besar. Cobalah untuk rutin meregangkan otot sehabis bekerja atau ditengah-tengah pekerjaan agar elastisitas otot tetap terjaga.

2. Cedera Fisik

2. Cedera Fisik

Jika Moms atau Dads pernah terjatuh dengan benturan yang cukup keras, sakit pinggang sebelah kiri ini dapat saja terjadi. Benturan yang keras akibat terjatuh atau pun masalah lain dapat mempengaruhi otot atau pun tulang. Jika Moms atau Dads memang merasa pernah terjatuh kemudian merasakan sakit pinggang sebelah kiri, sebaiknya langsung dikonsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Melakukan pemeriksaan sinar ultra violet pun dapat dilakukan untuk mengetahui sumber masalah yang menyebabkan Moms atau Dads sakit pinggang sehingga lebih cepat untuk diobati.

baca juga

3. Gangguan pada Ginjal

3. Gangguan pada Ginjal

Moms atau Dads pernah enggak sih merasa sakit pinggang sebelah kiri ketika bangun tidur? Jika pernah, Moms dan Dads harus lebih memperhatikan jumlah minum air putihnya nih. Ya, sakit pinggang sebelah kiri dapat mengindikasikan bahwa Moms dan Dads sedang dehidrasi parah sehingga terjadi gangguan ginjal karena ginjal bekerja sangat keras. Usahakan untuk selalu minum air putih 2 liter perhari agar kinerja ginjal dapat bekerja dengan baik setiap harinya. Jangan disepelekan ya Moms dan Dads, karena bisa menimbulkan gangguan ginjal yang lebih serius.

4. Masalah Sistem Reproduksi

4. Masalah Sistem Reproduksi

Selain 3 penyebab di atas, sakit pinggang sebelah kiri pun dapat disebabkan oleh adanya masalah pada sistem reproduksi khususnya pada wanita. Fibroid dan endometriosis adalah masalah reproduksi yang dapat menimbulkan nyeri pada pinggang sebelah kiri. Rasa sakit yang ditimbulkan karena penyakit ini bisa seperti ditusuk-tusuk jarum. Kondisi ini disebabkan karena adanya jaringan yang tumbuh di luar rahim. Penanganan yang paling benar adalah dengan mengkonsultasikan langsung dengan dokter. Jangan sampai dianggap sepele ya, Moms.