Moms saat melakukan aktivitas fisik, secara normal tubuh akan berkeringat. Nah, pada dasarnya berkeringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan diri. Sebenarnya, keringat itu tidak berbau dan berwarna lho Moms. Keringat tubuh menjadi bau karena adanya bakteri. Selain itu ada beberapa penyebab bau ketiak pada tubuh. Salah satunya makanan dan minuman yang mengadung kolin seperti seperti hati ikan dan telur, bawang, alkohol, kafein, serta produk olahan susu.

Bau Ketiak Bikin Nggak Percaya Diri? Ini 6 Cara Alami Menghilangkannya

Di sisi lain, secara alami hormon dalam tubuh juga menyebabkan bau badan. Contohnya pada wanita menstruasi, kondisi hormon menjadi tidak menentu dan berpengaruh pada keringat serta kemampuan tubuh dalam mengatasi suhu tubuh, sehingga keringat akan bau.

Faktor medis pun bisa membuat bau ketiak, seperti pada penderita diabetes yang biasanya mengalami kesulitan dalam mengontrol gula darah. Akibatnya, tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti yang akan menghasilkan senyawa bersifat asam dalam jumlah yang cukup banyak dan menyebabkan bau badan.

Faktor lainnya adalah gangguan genetik. Penyakit genetik langka, trimethylaminuria merupakan salah satu penyebab dimana terdapat gangguan metabolisme yang menyebabkan tubuh mengeluarkan senyawa kimia trimethylamine. Senyawa inilah yang menimbulkan bau badan tak sedap, meskipun badan tidak berkeringat.

Bau Ketiak Bikin Nggak Percaya Diri? Ini 6 Cara Alami Menghilangkannya

Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Menghilangkan bau ketiak secara alami bisa menjadi pilihan yang tepat agar tubuh bebas bau ya, Moms. Tawas bisa menjadi pilihan pertama. Kandungan asam sulfatnya bersifat antiseptik dan antibakteri sehingga sering digunakan untuk menghilangkan bau ketiak yang tidak sedap. Cara pengaplikasiannya cukup dengan melarutkan bubuk tawas dalam air, kemudian kompreskan air pada ketiak dan diamkan selam 15 menit sebelum dibilas.

Pilihan lain untuk mengendalikan bau ketiak adalah menggunakan lemon. Peras 1/2 buah lemon dan menggosokkan di bawah ketiak lalu biarkan mengering, kemudian bilas hingga bersih. Lemon akan membuat ketiak bebas bau.

Mentimun bisa jadi pilihan lain untuk menghilangkan bau ketiak. Karena  kandungan zat penting di dalamnya. Untuk mengambil khasiatnya, cukup jadikan mentimun sebagai masker dan gunakan dua kali seminggu pada ketiak.

baca juga
Bau Ketiak Bikin Nggak Percaya Diri? Ini 6 Cara Alami Menghilangkannya

Garam epson juga mampu memusnahkan bau ketiak. Garam dengan antioksidan ini dikenal untuk mendetoksifikasi tubuh. Hormon serotonin pada garam memiliki sifat menghilangkan stres, sehingga dapat mengurangi produksi keringat, dan menghilangkan bau badan. Cara penggunaanya dengan melarutkan garam epsom dan gunakan untuk berendam.

Baking soda, dengan kemampuannya menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan akan saat aktif bila digunakan. Caranya campurkan 1 sdt baking soda dengan 1 sdt air perasan jeruk nipis lalu dioleskan pada ketiak. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat ya Moms.

Antioksidan dan asam tannic dalam teh hijau juga dapat membantu memerangi bau ketiak dari dalam tubuh. Jadi cukup dengan mengkonsumsi teh hijau atau dengan mengoleskan ekstrat rebusan teh hijau pada ketiak. Namum hindari aplikasi harian, karena akan menyebabkan kulit terlalu kering.