Kupang Lontong

Kupang lontong merupakan salah satu makanan khas dari daerah Jawa Timur. Kuliner ini cukup terkenal di Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Di daerah pesisir timur Jawa Timur sendiri, kupang lontong juga terkenal dengan nama kupang keraton.

Kupang lontong ini berbeda dari lontong pada umumnya. Bahan utamanya adalah kupang yang telah dimasak, ditambahi lontong dan lentho, kemudian diberi kuah petis dan perasan jeruk nipis. Rasanya yang pedas, manis dan asam tentu saja akan bikin ketagihan. Agar lebih nikmat, kupang lontong biasanya dihidangkan dengan sate kerang dan es kelapa muda.

Kupang Lontong
source: https://www.idntimes.com


 

Kupang Kraton, Sajian Kupang Lezat di Malang


Jika moms sedang berada di kota Malang, Kupang Keraton termasuk dalam daftar kuliner yang harus moms singgahi. Cita rasa dan kualitas makanannya sudah tersohor sejak lama. Rumah makan ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1962, didirikan oleh Khomariah, perempuan asal Pasuruan, Jawa Timur.

Sajian kupang malang hanya seharga Rp 15.000 per porsi, lento Rp 1.500 per biji dan Rp 2.000 per tusuk untuk sate kerang. Selain makanan kupang, tersedia pula menu lainnya seperti tahu lontong, rawon, soto dan lain-lainnya. Rumah makan ini terletak di Jalan Doktor Cipto kios 12 klojen, Rampal Celaket, Malang, Jawa Timur.

Kupang Kraton, Sajian Kupang Lezat di Malang
source: https://www.malangvoice.com


 

baca juga

Nutrisi dari Makanan Laut Kupang


Tidak hanya lezat, kupang juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Di antaranya adalah asam amino, Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng). Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia. Asam lemak esensial omega-3, misalnya, yang berfungsi untuk membantu pembuangan produk sisa metabolisme seperti karbondioksida dari sel.

Nutrisi dari Makanan Laut Kupang
source: https://www.idntimes.com

Itu dia sajian kupang makanan khas Jawa Timur yang lezat dan sehat. Jangan lupa mencicipinya saat acara jalan-jalan moms ya.