Kandungan sereh atau serai memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita, moms, selain fungsinya sebagai penambah aroma pada masakan. Sereh mengandung senyawa geranial, lomonen, metileugenol, geranil butirat, dan eugenol. Kandungan lainnya yang terdapat pada sereh yakni vitamin A dan C, kalsium, magnesium, seng, besi, dan asam folat.

Manfaat Sereh untuk Kesehatan

Sereh sebagai anti-bakteri, anti-kanker, dan anti-infalami pun sering dijadikan obat herbal. Kandungan yang terdapat pada sereh bermanfaat untuk kesehatan seperti membantu membersihkn racun yang terdapat di ginjal dan kandung kemih, serta membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Selain membuang racun, sereh bagus untuk membuang kolesterol jahat pada tubuh. Aroma yang menenangkan pada sereh juga bermanfaat mengatasi masalah stress atau depresi, terlebih bagi ibu hamil yang rentan terhadap stress. Sereh juga digunakan sebagai bahan detoksifikasi yang dapat memabntu mengatasi masalah pencernaan.

Manfaat Sereh untuk Kesehatan
baca juga

Efek Samping Sereh

Meski sereh memiliki manfaat untuk kesehatan, sereh juga memiliki efek samping yang bisa membahayakan, terutama efek samping bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

Efek Samping Sereh Pada Ibu Hamil

Mengonsumsi daun sereh atau air rebusan daun sirih dalam jangka panjang terlebih saat memasuki masa kehamilan tidaklah baik untuk kesehatan ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya mengonsultasikan ke dokter kandungan apakah sereh baik untuk kesehatannya atau tidak. Sereh juga bisa menyebabkan jantung berdetak cepat atau tidak normal, dan bisa saja membahayakan ibu hamil yang mengonsumsi sereh. Jika pada saat mengonsumsi sereh jantung moms berdetak cepat, disarankan untuk berhenti mengonsumsi sereh. Sereh memang memiliki manfaat untuk membasmi bakteri dalam tubuh, sehingga tidak menutup kemungkinan sereh juga bisa membasmi bakteri baik yang dibutuhkan ibu hamil.

Efek Samping Sereh Pada Ibu Hamil
baca juga

Efek Samping Sereh Pada Ibu Menyusui

Produksi ASI pada ibu menyusui bisa berkurang jika moms menempelkan daun sirih yang hangat dan telah diolesi minyak kelapa di area payudara. Air rebusan sereh yang dikonsumsi ibu hamil juga bisa menyebabkan mual hingga muntah, hal tersebut bisa terjadi karena tubuh sang ibu tidak bisa menerima dengan baik kandungan yang ada pada sereh.

Efek Samping Sereh Pada Ibu Menyusui