Secara medis darah kotor adalah darah yang mengandung zat sisa metabolisme dari jaringan tubuh, salah satunya adalah karbondioksida. Darah bersih mengandung tinggi oksigen, sedangkan darah kotor tidak lagi mengandung oksigen (deoxygenated blood). Ada beberapa jenis darah kotor yang harus Moms ketahui, yaitu darah kotor haid, darah kotor penyebab jerawat, darah kotor bekam, dan darah kotor bisul.

Tapi tenang Mos, untuk membersihkan darah kotor tersebut Moms tidak perlu repot ke dokter. Cukup mengonsumi 5 makanan berikut ini, dan darah kotor akan keluar secara alami. Apa saja? Berikut daftarnya.
 

Buah Bit


Moms, buah bit mengandung nutrisi yang berfungsi dalam hal mendetoksifikasi darah dan menetralkan racun dalam hati. Tidak hanya itu, buah bit juga memiliki kandungan nitrat yang akan meningkatkan imun tubuh sehingga tubuh Moms menjadi lebih sehat.

Buah Bit
source: https://blogspot.com


 

baca juga

Apel


Makanan kedua yang bisa membantu membersihkan darah kotor dalam tubuh adalah apel. Mudah didapat dan enak rasanya. Apel mengandung pektin, yaitu kandungan serat larut yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah dan menjaganya agar tetap stabil. Selain itu buah apel juga bisa membersihkan usus dan mengikat kolesterol.

Apel
source: https://doktersehat.com/


 

Kubis


Biasanya sayuran digunakan sebagai campuran sup atau bisa dikonsumsi dengan keadaan mentah sebagai lalapan. Tapi tidak hanya segar untuk lalapan, ternyata kubis mengandung antioksidan yang mampu mencegah kanker. Selain itu kubis juga mampu membersihkan saluran pencernaa dan menetralisir zat racun yang ada dalam asap rokok. Kubis juga mampu meningkatkan kemampuan liver dalam mendetoksifikasi racun lho, Moms.

Kubis
source: https://food.detik.com/


 

baca juga

Bawang Putih


Bawang putih tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak lho, Moms. Ternyata bawang putih mampu mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Anti-oksidan yang terkandung didalammnya bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Bawang Putih
source: https://www.babeindonesia.com


 

Jahe


Tidak hanya menghangatkan ketika diminum dikala hujan, ternyata jahe mengandung anti-inflamasi dan anti kanker dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh. Jika Moms rutin mengonsumsi jahe, Moms bisa terhindar dari kanter serviks ataupun kanker payudara. Jahe juga mampu mencegah penggumpalan darah, sehingga darah yang mengalit ke otak akan lebih lancar.

Jahe
source: https://www.jawapos.com/

Nah Moms, itu tadi 5 makanan yang dapat membersihkan darah kotor dalam tubuh. Selamat mencoba ya, Moms.