Buah


Moms, pada umumnya semua buah mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Setiap buah memiliki aneka rasa dan nutrisi yang berbeda-beda serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Badan WHO sendiri menyarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari sebanyak 5 porsi atau sekitar 400 gram. Maka dari itu sangat baik mengkonsumsi buah setiap hari apalagi bagi moms yang sedang menjalankan program diet. Berikut ini beberapa kandungan dan manfaat dari buah untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah:
vitamin C,  vitamin A (beta karoten), asam folat, kalium, vitamin E, magnesium, zinc, air, antioksidan dan fitonutrien

Manfaat Buah Bagi Kesehatan:

  • Mencegah obesitas
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan risiko beberapa penyakit beberapa diantara diabetes tipe 2, stroke, penyakit jantung, kanker dan hipertensi
  • Mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit
  • Menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit mata terkait penuaan, katarak, dan degenerasi makula
Buah
source: https://id.pinterest.com


 

Buah Tinggi Protein


Jika biasanya kita mengetahui makanan yang tinggi protein berasal dari kacang-kacang atau hewani rupanya protein juga dapat ditemukan dari buah-buahan lho! Berikut ini beberapa buah yang memiliki kandungan tinggi protein.

Pisang
Pisang mengandung kadar protein yang tinggi yaitu 1,1 gram untuk 100 gram pisang. Selain itu pisang dapat menjaga sistem pencernaan, membantu tekanan darah, dan mempertahankan berat badan.

Jeruk
Buah yang satu ini terkenal akan kandungan vitamin C, namun siapa sangka ternyata buah ini juga termasuk salah satu buah yang tinggi protein? Untuk 100 gram buah jeruk mengandung 1 gram kadar protein lho! Tak hanya itu ternyata buah jeruk juga bagus untuk mencegah kerusakan kulit.

Alpukat
Buah ini mengandung 2 gram protein untuk 100 gramnya. Selain itu buah alpukat ternyata bagus untuk menangkal penyakit jantung dan meredakan ketegangan otot.

Jambu
Dalam satu porsi buah jambu mengandung 2,6 gram protein. Buah jambu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan antioksidan dari jambu dapat menangkal kanker.

Kurma
Buah kurma mengandung 2,4 gram protein. Buah kurma dapat menstabilkan gula darah, sumber serat yang baik, dan bagus untuk kesehatan.

Buah Tinggi Protein
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Buah Tinggi Kalsium


Moms, ternyata kalsium tak hanya diperoleh dari susu saja lho! Ada beberapa buah yang mengandung tinggi kalsium meski tak sebanyak susu ya. Buah-buahan yang mengandung kalsium  bisa jadi variasi asupan makanan si kecil untuk mendukung pertumbuhannya. Berikut ini beberapa buah yang mengandung kalsium.

Jeruk
Buah jeruk tak hanya mengandung vitamin C dan tinggi protein rupanya juga termasuk salah satu buah yang tinggi kalsium yaitu sebesar 60 mg.

Aprikot Kering
Buah ini termasuk salah satu buah yang mengandung tinggi kalsium karena dalam 1 mangkuk buah aprikot kering mengandung 71,5 mg kalsium.

Kiwi
Dalam 100 gram buah kiwi mengandung 34 mg kalsium. Buah kiwi sendiri juga mengandung bitamin A, E, dan K, antioksida, dan asam lemak omega 3.

Buah Tinggi Kalsium
source: https://id.pinterest.com


 

Buah yang Mengandung Tinggi Kalori


Meski buah-buahan bagus untuk kesehatan dan pencernaan rupanya ada beberapa buah yang mengandung tinggi kalori sehingga sangat disayangkan bagi moms yang sedang menjalankan program diet.

Namun meski demikian bukan berarti buah-buahan tersebut dihindari ya, karena ada beberapa zat gizi yang tubuh kita perlukan dari buah-buahan tersebut. Sehingga moms dapat mengkonsumsinya sesekali namun tidak sering bagi yang sedang menjalankan program diet.

Berikut ini beberapa buah yang mengandung tinggi kalori.

  • Pisang mengandung 100 kalori/ 100 gram
  • Kelapa mengandung 159 kalori/ 100 gram
  • Kurma mengandung 282 kalori/ 100 gram
  • Alpukat mengandung 160 kalori/ 100 gram
  • Mangga mengandung 156 kalori/ 100 gram
     
Buah yang Mengandung Tinggi Kalori
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Buah yang Bagus untuk Program Diet


Nah, bagi moms yang sedang mnejalankan program diet buah yang bagus untuk dikonsumsi adalah buah yang rendah kalori tapi tinggi serat untuk menurunkan berat badan. Tak hanya bagus untuk diet buah-buahan ini juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa yang bagus untuk diet.

Semangka
Buah semangka mengandung 92 persen air, 30 kalori dan jumlah karbohidrat yang rendah. Sehingga buah ini sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

Stroberi
Dalam 100 gram stroberi mengandung 33 kalori. Stroberi dapat merangsang metabolisme dan menekan nafsu makan karena terdapat serat larut yang disebut pektin.

Lemon
Buah lemon mengandung 29 kalori dalam 100 gramnya. Lemon dapat membakar lemak dan membantu mempercepat metabolisme serta menurunkan berat badan dengan cepat.

Blackberry
Blackberry mengandung 43 kalori dan 10 gram karbohidrat dalam 100 gramnya. Buah black biasanya menjadi tambahan menu dalam program diet. Buah ini mengandung serat larut yang disebut pektin dan bagus untuk menurunkan berat badan.

Melon Madu
Buah melon mengandung air yang tinggi sehingga kaya akan serat. Dalam 100 gram melon mengandung 9 gram karbohidrat. Melon akan membuat moms tetap kenyang sehingga mengendalikan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Buah yang Bagus untuk Program Diet
source: https://id.pinterest.com

Nutrisi dalam buah sangat diperlukan oleh tubuh manusia maka dari itu sangat baik mengkonsumsi buah setiap hari untuk menjaga kesimbangan gizi dalam tubuh. Buah sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, itu dia beberapa manfaat dan kandungan dari buah, semoga bermanfaat moms!