Jadi apakah GERD itu? Disebut Gastroesophageal Reflux Disease, GERD adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung sampai ke dada dan tenggorokan. Penyakit asam lambung sering terjadi di tengah masyarakat.

Penyebab Asam Lambung Naik

GERD umumnya disebabkan karena lower esophageal sphinchter (LES) tidak berfungsi dengan baik. LES merupakan lingkaran otot yang berada di bawah dari esofagus. Fungsinya sendiri sebagai 'pintu otomatis' ketika makanan atau minuman memasuki lambung. Sesaat sudah masuk, LES akan menutup demi mencegah asam keluar dari lambung dan kembali ke kerongkongan.

Bayangkan jika LES tidak bekerja dengan baik. Asam Lambung keluar dari perut dan mengakibatkan penyakit asam lambung ini moms. Penyebab GERD biasanya berhubungan dengan beberapa faktor seperti, keturunan, stres, kelebihan berat badan, keadaan hamil, konsumsi obat-obatan tertentu, gatriparesis, dan terlalu banyak mengkonsumsi lemak.

Penyebab Asam Lambung Naik
baca juga

Gejala GERD

Akibat ada sensasi terbakar di bagian dada atau ulu hati (heartburn), membuat moms merasa kurang nyaman ketika mengonsumsi sesuatu. Mulut dan kerongkongan pun terasa tidak enak. Parahnya pasien merasakan sakit dan kesulitan menelan makanan. 

GERD juga biasanya menunjukan gejala-gejala, seperti:

  1. Tenggorokan perih
  2. Asam pada bagian mulut dan belakang mulut
  3. Makanan terasa naik dan mengganjal di kerongkongan
  4. Mual
  5. Muntah
  6. Perut kembung
  7. Batuk atau bengek
  8. Suara serak
  9. Sulit menelan
  10. Nyeri dada, terutama saat berbaring di malam hari
  11. Cegukan

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Cara termudah untuk mengatasi asam lambung naik atau GERD ialah dengan mengganti menu makanan. Biasanya moms disarankan agar mengganti menu makanan dengan beralih mengonsumsi makanan yang rendah lemak, tidak terlalu asin, atau terlalu pedas. 

Dalam beberapa kasus, perubahan ini tidak berhasil. Dokter biasanya memberikan obat-obatan jangka pendek untuk meredakan gejala saja. Tetapi jika sudah terkena GERD, dokter kemungkinan akan memberikan resep untuk jangka panjang atau parahnya hingga melakukan operasi.

Kalau gejala GERD sering muncul dianjurkan agar melakukan perawatan serius ya, moms.