Penyebab Kolesterol Tinggi
​​​​​​

Penyebab kolesterol tinggi bisa berasal dari faktor genetic, asupan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, berat badan, kurang olahraga atau kurangnya aktivitas fisik. Untuk gejalanya sendiri seringkali tidak disadari seperti diantaranya pusing, penglihatan kabur, nyeri dada, merasa lelah hingga bau mulut. Apalagi jika tidak pernah memeriksakannya, biasanya baru disadari ketika bersamaan dengan diagnosis penyakit lain seperti jantung atau stroke. Oleh karenanya jaga kesehatan dengan hidup sehat dan selalu perhatikan juga jumlah kadar kolesterol dalam tubuh ya, Moms.

Tanaman Herbal Untuk Kolesterol
​​​​​​

Sekarang ini memang sudah banyak minuman dan obat khusus untuk menurunkan kolesterol seperti susu dan minyak ikan. Selain hal tersebut, Moms juga bisa pilih cara alami lainnya dengan pengonsumsian tanaman herbal untuk menurunkan kolesterol, Moms. Apa saja tanaman herbalnya? Antara lain bawang putih, akar manis, kunyit, kulit manggis, daun sambiloto, daun sirih, daun bidara, the hijau, seledri, lobak butih, daun salam, jahe dan temulawak.

baca juga

Daun Salam

Kerap digunakan dalam masakan Indonesia, daun salam termasuk tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol, Moms. Sudah teruji bermanfaat, daun salam dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (high-density lipoprotein) dalam tubuh. Mengonsunsumsi 1 sampai 3 gram daun salam per hari dipercaya mampu menurunkan kolesterol hingga 24%, trigliserida hingga 34%, LDL hingga 40% dan meningkatkan HDL hingga 29%.

Untuk menggunakannya Moms cukup siapkan 10 -15 lembar daun salam segar yang sudah dicuci bersih. Lalu, rebus dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas saja. Saring dan dinginkan, kemudian minum air rebusan daun salam pada malam hari secara teratur.

Lobak Putih

Lobak putih atau Daikon Radish ini merupakan tanaman herbal lainnya yang dapat menurunkan kolesterol. Mengandung banyak nutrisi penting seperti potassium, folat, vitamin C, serat, vitamin B6, mangan dan  protein, lobak putih dapat mengikat lipoprotein, menurunkan kadar trigliserida, mengatasi penyakit ginjal dan melindungi fungsi hati serta mengontrol Diabetes. Dapat digunakan sebagai bahan masakan, mengonsumsi lobak putih mampu menurunkan kolesterol dengan cepat loh, Moms. Bisa jadi alternatif menu makanan mulai dari sekarang ya Moms jika ingin kadar kolesterol cepat turun.

baca juga

Seledri

Seledri yang biasa digunakan untuk penyedap makanan ini juga masuk daftar tanaman herbal yang efektif untuk turunkan kolesterol, Moms. Terdapat kandungan antioksidan, flavonoid dan polifenol di dalamnya yang mampu melawan radikal bebas. Berguna juga mencegah penyakit jantung, kanker, radang sendi dan asam urat hingga infeksi saluran kemih. Mengonsumsi seledri dengan rutin dapat mencegah terjadinya hipertensi dan menurunkan tekanan darah. Ekstrak daun seledri juga bisa menurunkan kolesterol jahat. Untuk itu Moms bisa coba meminum jus seledri secara rutin untuk menurunkan total kadar kolesterol, Moms.

Akar Manis
​​​​​​

Sepintas mirip kayu manis ya, Moms namun akar manis atau ‘Licorise’ dan kayu manis atau ‘Cinnamon’ itu dua tanaman yang berbeda ya jadi jangan sampai keliru, Moms. Menjadi salah satu tanaman herbal yang dapat menurunkan kolesterol, akar manis mengandung protein, karbohidrat, gula, vitamin A, dan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan glycyrrhizin. Telah lama digunakan dalam obat-obatan alami, akar manis selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol juga bisa menyembuhkan batuk, infeksi, kram otot, hepatitis hingga menurunkan berat badan, Moms.

Cara membuat ramuan akar manis untuk kolesterol yaitu Moms siapkan 10 gram akar manis, rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring dan dinginkan, lalu bagi menjadi 2 kali minum yakni saat pagi dan malam hari.

Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini memang sudah terkenal sebagai bahan alami dalam menyembuhkan berbagai penyakit ya, Moms. Bawang putih, berkhasiat juga menjadi tanaman herbal yang dapat menurunkan kolesterol. Selain menjadi campuran pada makanan, cara menggunakan bawang putih sebagai obat penurun kolesterol akan lebih efektif jika dimakan langsung, Moms. Jika sulit makan bawang putih mentah, Moms bisa merebus bawang putih sebentar saja agar tak merusak kandungannya. Kemudian bisa juga diblender menjadi jus dengan tambahan sedikit cair agar tidak terlalu kental ataupun terlalu encer. Konsumsi juga secara teratur ya, Moms.

Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang mampu melawan kolesterol jahat. Mengonsumsi 5 gram jahe setiap hari dalam 3 bulan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL sebanyak 30 poin. Selain dengan olahraga dan atur pola makan, Moms bisa rutin meminum ramuan jahe untuk menurunkan kolesterol sekaligus agar membuat tubuh lebih bugar. Selain minum air rebusan jahe yang menyegarkan, Moms bisa juga tambahkan ramuan jahe tersebut dengan bawang putih dan madu. Dengan perpaduan bahan-bahan alami penurun kolesterol jahe dan bawang putih, hasilnya pun akan lebih maksimal jika dikonsumsi secara rutin ya, Moms.

Temulawak

Dikenal sebagai tanaman herbal alami untuk menambah nafsu makan, temulawak ternyata juga bisa turunkan kolesterol, Moms. Selain itu temulawak juga bisa melindungi hati, mencegah penyakit jantung dan stroke. Tanaman jenis temu-temuan ini sebaiknya di rebus tanpa tutup panci atau tutup wadah agar ramuan untuk menurunkan kolesterol khasiatnya lebih maksimal, Moms. Gunakan juga wadah tradisional untuk membuat ramuan obat herbal.