1. Kurap

1. Kurap

Kurap adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur yang berperan dalam penyakit kurap ini adalah Trichophyton rubrum yang dapat menyebab dari orang ke orang. Selain itu, bisa disebabkan oleh jamur yang terbawa oleh kucing atau anjing yaitu Microsporum canis. Penyakit kurap ini termasuk penyakit kulit yang menular. Kurap ditandai dengan gejala kulit yang kemerahan mendekati coklat, tepi bersisik dan akan memerah jika tipe penyakit kurap yang aktif. Penyakit kurap dapat disembuhkan dengan pemakaian krim anti jamur secara teratur.

2. Eksim

2. Eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh peradangan kulit. Biasanya kulit akan memerah, gatal, kering dan bersisik. Eksim dapat menghinggapi siapa saja tua atau muda bahkan bayi sekalipun. Penyebab penyakit ini sangat beragam mulai dari stress hingga iklim dingin. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan pemakaian obat anti alergi namun di bawah pengawasan dokter. Eksim juga dapat dibedakan menjadi eksim kering dan basah. Oleh karena itu, kenali dulu jenisnya ya Moms sebelum dilakukan pengobatan.

baca juga

3. Herpes

3. Herpes

Penyakit herpes kulit disebabkan oleh reaktivasi virus Varicella zoster. Herpes ini termasuk ke dalam penyakit kulit yang menular. Penampakan herpes pada kulit akan terlihat seperti bulir-bulir yang terisi air. Tak heran, karena virus yang menyerang adalah virus yang sama seperti penyakit cacar air. Penyakit herpes ini sangat mudah menghinggapi orang lanjut usia karena adanya penuaan pada kulit. Biasanya, penyakit herpes dapat disembuhkan hanya dengan pemberian salep herpes secara rutin. Namun jika tak kunjung sembuh, konsultasi dengan dokter sangat diperlukan.

4. Psoriasis

4. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kelainan kulit yang disebabkan karena terlalu cepatnya sel-sel kulit yang bereproduksi. Sehingga kulit akan menumpuk dan terlihat seperti sisik putih di kulit. Penyakit ini sangat rentan dialami oleh orang dewasa. Biasanya daerah yang sering terserang adalah kulit kepala, tangan, kaki, sikut, lutut dll. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan namun dapat diringankan gejalanya melalui perawatan medis.