MRT Jakarta


MRT Jakarta merupakan transportasi transit cepat yang menggunakan kereta rel listrik di Jakarta. MRT sendiri telah resmi beroperasi pada tanggal 25 Maret 2019 lalu. Rupanya transportasi MRT telah banyak menarik perhatian masyarakat lho! Hal ini tentu saja terjadi mengingat transportasi MRT dinilai efektif, fasilitasnya yang bagus dan memadai, serta mengurangi kemacetan yang ada di Jakarta.

MRT resmi beroperasi secara komersial pada tanggal 1 April 2019. Adapun tarif yang dikenakan untuk naik MRT sebesar Rp. 8.500/ 10 kilometer. Lalu apabila penumpang ingin menempuh jarak lebih dari 10 kilometer akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 1.500 untuk per kilometernya dikalikan dengan jarak yang ditempuh. 

MRT Jakarta
source: https://www.instagram.com


 

Cara Naik MRT Jakarta


Moms, ingin naik MRT namun belum tahu caranya? Moms terlebih dahulu harus merencanakan rute perjalanan yang akan ditempuh, untuk mempermudah moms dapat melihat peta dan rute MRT di situs web resmi JakartaMRT.co.id atau menginstal aplikasi MRT Jakarta. Moms harus mempunyai kartu jelajah MRT Jakarta dengan saldo yang cukup.

Kartu MRT sendiri dibagi menjadi dua yaitu kartu single trip yang dapat dibeli seharga Rp. 15.000 dan kartu multi trip seharga Rp. 25.000. Bedanya kedua kartu ini, kalau kartu single trip hanya untuk sekali perjalanan sedangkan kartu multi trip bisa digunakan untuk lebih dari satu kali perjalanan. Kedua kartu tersebut dapat moms beli di mesin penjual tiket (vending machine) atau gerai tiket.

Moms perlu memperkirakan waktu untuk mencapai stasiun tujuan, saat jam sibuk kereta akan tiba 5 menit sekali. Ketika moms akan memasuki kereta MRT, moms harus bisa membedakan antara pintu masuk dan pintu keluar agar perjalanan tidak terhambat atau menghambat penumpang lainnya.
Cara Naik MRT Jakarta
source: https://www.instagram.com


 

baca juga

Peraturan MRT Jakarta yang Harus Dipatuhi


Agar sarana prasana transporatsi MRT Jakarta dapat berjalan lancar dan tertib, dibuatlah beberapa peraturan untuk membuat para penumpang nyaman. Berikut ini beberapa peraturan yang perlu moms patuhi ketika menggunakan MRT Jakarta.

  1. Memiliki kartu MRT untuk melakukan pembayaran
  2. Mendahulukan penumpang yang akan keluar terlebih dahulu
  3. Tidak makan dan minum di dalam MRT agar tidak menimbulkan bau, bercecernya makanan, dan meminimalisir membuang sampah sembarangan di dalam MRT
  4. Memprioritaskan penumpang yang berkebutuhan khusus seperti ibu hamil, anak-anak, lansia, dan penyandang disabilitas
  5. Selalu memperhatikan rambu-rambu ada di sekitar stasiun dan MRT
  6. Jangan mengobrol dengan suara yang keras agar tidak mengganggu penumpang lainnya
  7. Tertib dalam menggunakan eskalator
  8. Mengingat waktu kedatangan kereta
Peraturan MRT Jakarta yang Harus Dipatuhi
source: https://www.instagram.com


 

Kebersihan Di MRT Jakarta


Di stasiun MRT tersedia setidaknya sepasang tempat sampah di sisi utara dan di sisi selatan sebelah luar stasiun. Setiap tempat sampah terdiri dari tiga tabung kategori sampah yaitu sampah organik, anorganik, dan sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun. 

Adanya tempat sampah tersebut diharapkan masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya, namun masih ada beberapa orang yang membuang sampah sembarang meski telah dipasang peraturan.

Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Maka dari itu apabila ada yang membuang sampah sembarang dan tertangkap petugas keamanan akan didenda sebesar Rp. 500.000. Untuk menjaga sarana MRT tetap bersih adalah tugas setiap kita yang moms.

Kebersihan Di MRT Jakarta
source: https://www.instagram.com
Kereta MRT Jakarta adalah sebuah terobosan baru bagi negara Indonesia untuk menjadi negara yang lebih maju. Maka dari itu marilah kita bersama menjaga dan merawat fasilitas yang ada. Nah, beberapa informasi mengenai kereta MRT Jakarta tersebut semoga bermanfaat ya moms!