Namun, pada masa uji coba, banyak ditemukan kasus-kasus menghebohkan. Sebut saja penumpang yang berdiri di kursi MRT, piknik, hingga anak kecil yang buang air kecil sembarangan. Untuk itu, penting bagi kita agar dapat memahami panduan dan tips menggunakan MRT sembari merawat fasilitas bersama ini. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

MRT Jakarta

Bawa Anak Naik MRT, Simak Tips Berikut Ini Moms!
source: https://www.alinea.id/


Jika Mommy kerap terganggu dengan kemacetan Jakarta di beberapa bulan atau tahun terakhir, Mommy tidak perlu khawatir. Pasalnya, kamacetan itu hanya sementara akibat pembangunan mega proyek MRT. Moda transportasi ini dirancang untuk memberikan fasilitas transportasi umum bagi warga Jakarta dan sekitarnya agar dapat berpergian tanpa harus khawatir dengan kemacetan. 

MRT atau Moda Raya Transportasi Jakarta ini merupakan sistem transit cepat yang terdiri dari trainset secara bahasa resmi bernama Ratangga yang diambil sari bahasa Jawa Kuno, berarti kereta perang. Pada MRT Jakarta ini dibangun sistem kereta bawah tanah pertama di Indonesia, lho!
 


Manfaat MRT
 

Bawa Anak Naik MRT, Simak Tips Berikut Ini Moms!
source: https://coconuts.co/


Nah, sebagai moda transportasi pertama yang menggunakan sistem bawah tanah, MRT ini sangat memberikan manfaat yang besar. Salah satunya adalah untuk mengatasi kemacetan yang selalu dikeluhkan para commuter di Jakarta. Tidak hanya itu, MRT juga berpotensi untuk mengubah kebiasaan terlambat dari orang Indonesia. Pasalnya, mereka harus terbiasa dengan jadwal transportasi yang tepat waktu. Semoga saja, ya!
 

baca juga


Tips Bawa Anak Naik MRT
 

Bawa Anak Naik MRT, Simak Tips Berikut Ini Moms!
source: https://www.channelnewsasia.com/


Kasus penumpang yang berdiri di kursi MRT, piknik, dan buang air kecil sembarangan menjadi sorotan publik. Kondisi ini memang tidak bisa dihindari mengingat MRT sendiri merupakan “barang baru” yang masih kurang populer di kalangan masyarakat. Itulah sebabnya, penting bagi kita untuk bisa mempublikasikan aturan penggunaan MRT itu sendiri.

Bagi Mommy yang ingin membawa anak naik MRT, tidak ada salahnya untuk memastikan bahwa si kecil sudah buang air kecil. Selain itu, hindari mengeluarkan makanan karena dapat menyebabkan kereta menjadi kotor dan beraroma kurang sedap. Membawa anak naik MRT dengan menerapkan aturan yang tepat sebenarnya dapat menjadi media memperkenalkan transportasi umum sembari mengajarkan etika.
 


Rute MRT Jakarta
 

Bawa Anak Naik MRT, Simak Tips Berikut Ini Moms!
source: https://www.channelnewsasia.com/


Untuk Mommy yang ingin mencoba menggunakan MRT dalam waktu dekat. Jalur untuk fase pertama sudah dapat digunakan. Jalur ini dimulai dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Stasiun lain yang juga dilewati antara lain adalah Blok M, Senayan, dan Setiabudi. 
 

baca juga


MRT Jakarta Bawah Tanah Pertama di Indonesia
 

Bawa Anak Naik MRT, Simak Tips Berikut Ini Moms!
source: https://jakartabytrain.com/


Terakhir, yang membuat para pengguna MRT semakin bersemangat dengan transportasi ini adalah adanya jalur bawah tanah. Transpotasi ini merupakan yang pertama di Indonesia yang menggunakan jalur bawah tanah. Tentu inilah yang membuat banyak warga Jakarta dan sekitarnya penasaran dan ingin mencobanya.

Itulah beberapa informasi seputar MRT Jakarta yang perlu Mommy tahu. Semoga kita bisa menjaga transportasi bersama ini dengan baik, ya!