Daerah Mana Saja yang Dilewati MRT Jakarta?


Untuk MRT Jakarta Fase 1 yang kini sedang dijalankan, ada 13 stasiun yang akan menjadi pemberhentian. Adapun stasiun yang saat ini sudah mulai beroperasi adalah: Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, haji Nawi, Blok A, Blok M, Sisingamangaraja, Senayan, Istora, Benhil, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI. 

Namun jika daerah tempat Moms tinggal saat ini belum terjangkau oleh MRT, tenang saja. Ke depannya, pemerintah akan mengembangan MRT Jakarta Fase 2 dan MRT Jakarta Fase 3, untuk menjangkau wilayah-wilayah yang saat ini belum dilewati. Untuk fase 3 misalnya, stasiun akan diperluas hingga Kampung Bandan, dan melewati stasiun Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.
Daerah Mana Saja yang Dilewati MRT Jakarta?
source: https://cermati.com
Hal unik lain yang akan Moms temui saat naik MRT adalah jam berangkat yang dipastikan ajeg dan tepat waktu. Kereta mulai beroperasi sejak pukul 05.00 hingga 22.01 setiap hari dengan frekuensi keberangkatan sesuai dengan jam sibuk. Dengan rincian keberangkatan sebagai berikut:
  • Pukul 05.00 - 06.00 WIB: Berangkat setiap 10 menit
  • Pukul 06.00 - 09.00 WIB: Berangkat setiap 5 menit
  • Pukul 09.00 - 16.00 WIB: Berangkat setiap 10 menit
  • Pukul 16.00 - 19.00 WIB: Berangkat setiap 5 menit
  • Pukul 19.00 - 22.01 WIB: Berangkat setiap 10 menit

Berapa Sih Tarif MRT Jakarta?


Pertanyaan yang satu ini pastinya bakal muncul pertama kali saat Moms mendengar istilah MRT Jakarta. Pastinya, karena moda transportasi ini memang dirancang untuk memudahkan mobilitas warga, pemerintah bakal menerapkan tarif yang tidak memberatkan. Secara umum, tarif yang ditetapak adalah Rp10.000/10 km. Namun Moms tak perlu repot hitung-hitung lagi karena tarifnya sudah ditetapkan demikian:
Berapa Sih Tarif MRT Jakarta?
source: https://akcdn.detik.net.id
Nah, untuk melakukan perjalanan dengan MRT Jakarta, Moms juga harus punya tiket masuk. Mengingat saat ini pemerintah sedang membudayakan sistem cashless, maka Moms harus memiliki kartu-kartu berikut untuk dapat menikmati perjalanan dengan MRT.
  • Kartu MRT Single Trip: Kartu ini hanya untuk perjalanan sekali jalan, namun masih bisa digunakan lagi. Masa berlakunya hanya tujuh hari, dan tentunya harus mengisi saldo (top up) dulu saat ingin berangkat.
  • Kartu MRT Multi Trip: Kartu ini dapat digunakan lebih dari satu kali. Apabila saldo habis, dapat diisi saldo (top up) dengan masa berlaku kartu lebih lama.

Namun jika Moms tidak memiliki kartu tersebut, tenang saja. Ada kartu cashless lain yang juga bisa digunakan, yaitu e-Money Mandiri, Flazz BCA, Brizzi BRI, dan TapCash BNI. Dengan sistem pembayaran seperti ini, diharapkan penumpang bisa lebih mudah, namun juga dituntut untuk lebih mandiri.

Bagaimana Moms? Sudah siap naik MRT Jakarta? Selama dalam perjalanan, jangan lupa mengikuti aturan yang berlaku, ya! Jaga kebersihan dan kenyamanan penumpang lagi dengan tidak berisik maupun mengotori MRT. Satu lagi, jangan lupa isi saldo ya sebelum berangkat!