1) Buatlah Jadwal Kegiatan untuk Masing-Masing Si Kembar

Biasanya mengurus anak lebih dari satu, akan membuatmu tidak terarah sehingga semuanya jadi berantakan. Nah, mulai sekarang cobalah membuat jadwal aktivitas untuk masing-masing anak kembarmu. Jadwal tersebut berisi tentan kapan mereka dimandikan, disusui, diberi makan, tidur dan sebagainya.

Tempelkan jadwal tersebut di dinding dan lakukan sesuai dengan jadwal. Dengan membiasakan jadwal yang teratur secara konsisten, maka si kembar akan bisa mengikut ritme dan menjadi terbiasa. Begitupun juga dengan kamu, tak lagi kewalahan menghadapi anak kembarmu yang lucu dan menggemaskan. 
 

source: https://id.pinterest.com



 

baca juga

2) Libatkan Suami dalam Mengurus Anak

Melibatkan anak dalam pengasuhan anak sangat penting lho, Moms. Hal ini dilakukan agar anak tidak hanya mendapat stimulasi dari ibu saja melainkan juga sang ayah. Khusus untuk anak kembar, tugas pengasuhan akan lebih mudah jika dilakukan ayah dan ibu.

So, minta suami untuk tidak pelit meluangkan waktu dan tenaganya merawat anak bersama-sama ya. Karena mungkin kelelahan dengan tugas utama mencari nafkah, maka kamu bisa memberikan tugas yang lebih ringan kepada suami saat merawat anak. 
 

source: https://id.pinterest.com/



 

3) Menyusui Bayi Kembar

Enggak perlu khawatir stok ASI kamu enggak cukup buat si kembar, karena jumlah ASI yang kamu hasilkan pasti sudah disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Untuk menyusui anak kembar ada tekniknya sendiri nih, Moms.

Kamu bisa menyusui mereka secara bersamaan dengan meletakkan salah satu kepala bayi di lekukan siku menyusu pada payudara kanan. Demikian pula dengan di sebelah kiri. Mungkin kamu akan lebih lelah saat menyusui anak kembarmu, namun pastikan kamu bisa melakukannya ya!
 
source: https://www.bellybelly.com.au



 

baca juga

4) Menidurkan Anak Kembar

Mungkin selama ini kamu akan lebih memilih menenagkan salah satu si kembar yang rewel sehingga tidak bisa tidur, dibanding dengan saudaranya yang tenang. Hmm... ternyata hal ini keliru lho, Moms.

Ada baiknya kamu membuat bayi kembarmu yang dalam keadaan tenang untuk terlelap lebih dahulu, agar ia mendapatkan tidur yang berkualitas. Setelah itu, barulah fokus menenangkan bayi yang lain yang sedang rewel. 
 

source: http://www.simplysweetdays.com



 

5) Enggak Perlu Membeli Barang Kembar atau Serupa untuk Anak Kembarmu

Sudah menjadi kebiasaan bagi orangtua membelikan benda seperti baju, celana, sepatu, topi dan sebagainya untuk anak kembarnya. Namun, hal ini enggak perlu kamu lakukan Moms. Kamu sebagai orangtuanya, harus memahami bahwa masing-masing anak kembarmu memiliki karakter yang berbeda dan unik.

Jadi enggak perlu disamakan. So, dukunglah mereka dengan menerapkan pola asuh sesuai dengan keunikan mereka, salah satunya dengan membelikan benda-benda berbeda yang disukainya. Tips mengasuh anak kembar yang satu ini harus berhasil kamu praktikkan!
 

source: https://freeimages.red/korean-baby-twins-11123/