Wah, banyak, ya! Itulah sebabnya, sebagai warga negara, sudah sepatutnya Mommy dan keluarga ikut serta dalam pemilu 2019 ini. Nah, agar proses pemilihan berjalan dengan lancar, berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat akan datang ke TPS. Yuk, simak!

Pemilu Indonesia 2019

Wajib Bawa KTP! Siap Pemilu 2019, Ini Kelengkapan dan Tata Cara yang Mommy Harus Tahu
source: http://rri.co.id/


Tahukah Mommy bahwa pada pemilihan umum kali ini bukan hanya untuk pemilu presiden 2019 saja? Pada pemilu kali ini, rakyat akan memilih para abdi negara, dimulai dari anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Tentu tidak terlupa, presiden dan wakil presiden untuk periode 2019/2024 juga akan dipilih pada pemilu kali ini. Itulah sebabnya, proses pemilihan ini tidak boleh dilewatkan karena menyangkut nasib bangsa dan negara.
 


Tata Cara Pelaksanaan Pemilu

Nah, sebelum datang ke TPS di hari pemungutan suara, pastikan Mommy memahami betul tata cara pelaksanaan pemilu berikut ini :

  1. Pastikan nama calon pemilih sudah terdaftar di DPT.
  2. Saat datang ke TPS pastikan untuk membawa e-KTP dan surat C6.
  3. Perhatikan dan kenali tiga jenis surat suara.
  4. Saat menerima surat suara, perhatikan kondisi surat suara. Pastikan tidak rusak.
  5. Lipat surat suara dengan benar, dan masukkan ke dalam kotak suara.
  6. Celupkan satu jari ke tinta yang sudah disiapkan untuk memberikan tanda bahwa Mommy sudah menggunakan hak suara.
Untuk lebih lengkapnya, Mommy dapat menonton video panduan tata cara pemilihan umum 2019 yang diunggah pada akun YouTube resmi KPU berikut ini :
 
youtube:XOqNTqFkkec
source: https://www.youtube.com/watch?v=XOqNTqFkkec
Panduan KPPS Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 (Dalam Negeri)


 

baca juga


Syarat Pemilu 2019
 

Wajib Bawa KTP! Siap Pemilu 2019, Ini Kelengkapan dan Tata Cara yang Mommy Harus Tahu
source: http://wartakota.tribunnews.com/


Seperti yang sudah dijelaskan pada tata cara memilih, ada beberapa persyaratan yang harus dibawa saat Mommy akan menggunakan hak suara, yaitu e-KTP dan surat C6. Namun, apabila Mommy atau anggota keluarga lain tidak memiliki e-KTP, Mommy dapat membawa dokumen identitas lain seperti Surat Keterangan, Kartu Keluarga, Paspor, atau Surat Izin Mengemudi. 
 


Yuk, Sukseskan Pemilu 2019!
 

Wajib Bawa KTP! Siap Pemilu 2019, Ini Kelengkapan dan Tata Cara yang Mommy Harus Tahu
source: http://www.pacitantimes.com/


Itulah beberapa hal penting seputar pemilu 2019 yang harus Mommy ketahui. Apabila ada kerabat yang ikut serta menjadi panitia pemilihan umum, pastikan untuk mengingatkan mereka agar memeriksa ulang segala kelengkapan pemilu 2019. Kesuksesan pemilu 2019 ini bukan hanya tugas dari KPU dan para panitia pemungutan suara, melainkan tugas dari seluruh rakyat Indonesia.