Sebenarnya ibu hamil puasa menurut Islam tetap diperbolehkan, namun dengan mempertimbangkan kondisi Moms dan bayi dalam kandungan. Jika Moms merasa sanggup menjalankan puasa ketika hamil, maka diperbolehkan. Namun jika Moms merasa tidak sanggup Moms boleh menggantinya di lain waktu. 

Nah, untuk Moms yang lebih memilih menjalankan ibadah puasa Ramadan 2019, berikut beberapa persiapan puasa untuk ibu hamil yang wajib Moms ketahui agar puasa lancar.


 

Cukupi Kebutuhan Kalori dan Gizi


Syarat puasa ibu hamil yang pertama adalah harus mencukupi kebutuhan kalori dan gizi yang dibutuhkan ibu dan bayi. Kebutuhan kalori yang dibutuhkan kurang-lebih adalah 2.500 kalori setiap harinya. Agar puasa lebih lancar, Moms bisa menambah porsi protein nabati dan hewani ketika berbuka dan sahur.

Cukupi Kebutuhan Kalori dan Gizi
source: https://nakita.grid.id/


 

baca juga

Jangan Lupakan Karbohidrat Kompleks


Mengapa karbohidrat kompleks? Karena karbohidrat kompleks dipercaya memiliki waktu yang lebih lama untuk dicerna. Jadi Moms akan merasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks terdapat pada makanan seperti gandum utuh dan oatmeal.

Jangan Lupakan Karbohidrat Kompleks
source: https://pergikuliner.com/


 

Lenkapi Kebutuhan Serat


Selama berpuasa, Moms jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah agar tidak mengalami sembelit. Kebutuhan serat penting untuk ibu hamil agar lancar buang air besar. Makanan yang kaya akan serat dan baik untuk ibu hamil diantaranya adalah brokoli, bayam, tomat, kacang polong, alpukat dan jeruk.

Lenkapi Kebutuhan Serat
source: https://www.femina.co.id/


 

baca juga

Hindari Gorengan dan Santan


Syarat puasa ibu hamil selanjutnya adalah menghindari gorengan dan santan. Mengapa? Karena gorengan dan santan bisa membuat Moms mual, muntah, dan gangguan hormonal lain untuk ibu hamil. Jadi sebisa menjauh dari gorengan dan santan ya Moms demi kenyamanan berpuasa.

Hindari Gorengan dan Santan
source: https://www.cicicookies.com/


 

Jangan Lupakan Air Putih


Jika Moms ingin berpuasa dengan lancar, maka Moms harus mengonsumsi 1,5 - 2 liter air putih saat bangun tidur, sahur, dan mendekati imsak. Jangan menyentuh makanan dengan kadar kafein tinggi, karena hal tersebut bisa membuat Moms cepat dehifrasi.

Jangan Lupakan Air Putih
source: https://hellosehat.com/