1. Melatih Otot

Beri bayi kamu banyak waktu bermain di perut, mulai dari lahir. Dengan bermain di perut mereka, bayi mengembangkan kekuatan otot di bahu, lengan, punggung dan batang tubuh mereka yang membantu mereka belajar merangkak.
 

source: http://www.parents.com



 

baca juga

2. Pancing dengan Mainan

Dorong bayi kamu untuk meraih mainan yang diinginkannya. Letakkan mainan yang menarik hanya dalam jarak dekat. Lihat, apakah dia mampu bergerak ke arah benda-benda ini. Keinginan kuat bayi untuk mengambil mainan merangsang otaknya agar ototnya bekerja mengambil benda tersebut.
 

source: http://www.bbc.co.uk



 

3. Ruang Gerak yang Aman

Pastikan bayi kamu memiliki ruang gerak yang luas untuk dijelajahi yang aman. Sekarang saatnya memulai pemeriksaan anak di rumah kamu. Perhatikan pengaturan ruangan yang ramah anak, singkirkan potensi-potensi yang membahayakan bayi kamu ketika merangkak, seperti stop kontak ynag mudah dijangkau anak-anak dan furnitur yang berbahan tajam.
 

source: https://www.babybjorn.com



 

baca juga

4. Pegang Kakinya

Letakkan telapak tangan kamu di belakang kaki si kecil saat dia merangkak. Ini berguna untuk menstabilkan dia dan memberinya dorongan saat dia baru belajar merangkak. Dengan rangsangan ini, si kecil akan terlihat sangat bersemangat mencoba merangkak.
 

source: https://www.babycenter.com.au