Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Pendidikan Karakter menurut Albertus adalah

"diberikannya tempat bagi kebebasan individu dalam menghayati nilai-nilai yang dianggap sebagai baik, luhur, dan layak diperjuangkan sebagai pedoman bertingkah laku bagi kehidupan pribadi berhadapan dengan dirinya, sesama dan Tuhan"

Menurut Khan pendidikan karakter adalah

"proses kegiatan yang dilakukan dengan segala daya dan upaya secara sadar dan terencana untuk mengarahkan anak didik. Pendidikan karakter juga merupakan proses kegiatan yang mengarah pada peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan budi harmoni yang selalu mengajarkan, membimbing, dan membina setiap manusia untuk memiliki kompetensi intelektual, karakter, dan keterampilan menarik."

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Si Kecil, Ini Tujuan dan Manfaatnya
source: http://kidstoread.com/wp-content/uploads/2018/02/kidstoread-5.jpg

Pendidikan Karakter Anak

Membangun karakter anak sejak dini sangat penting dilakukan oleh orangtua. Anak usia dini akan lebih mudah menyerap apa yang diajarkan dan apa yang ada di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, ada baiknya para orangtua mulai mengajarkan pendidikan karakter pada anak saat si kecil mulai memasuki golden age.

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Si Kecil, Ini Tujuan dan Manfaatnya
source: https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net/video/thumbnail/rCR4u8bygiud1h6sl/parents-mother-and-father-teach-children-boy-and-girlto-count-on-the-fingers_bvmsyzmbxx_thumbnail-full01.png
baca juga

Tujuan Pendidikan Karakter

Tujuan dari pendidikan karakter yaitu membentuk generasi yang berbudi pekerti, memiliki moral yang baik, dapat bertoleransi, bekerja sama, gotong royong, dan lain-lain. Sifat-sifat positif yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar merupakan salah satu hasil yang baik dari pendidikan karakter yang dilakukan oleh orangtua maupun tenaga pendidik di sekolah. Tujuan lain dari pendidikan karakter yaitu untuk membangun dasar yang baik untuk memperkuat perilaku bangsa.

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Si Kecil, Ini Tujuan dan Manfaatnya
source: https://images.wisegeek.com/little-boy-and-girl-playing.jpg

Manfaat Pendidikan Karakter

Manfaat dari pengaplikasian pendidikan karakter pada anak yaitu dapat membentuk karakter si kecil sejak dini, dapat membuat si kecil lebih menghargai sesama, dapat membuat si kecil agar mengenal karakter diri sendiri, dapat membentuk kepercayaan diri si kecil, agar si kecil dapat bekerjasama dengan baik, dan lain-lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pendidikan karakter pada si kecil sejak usia dini.

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Si Kecil, Ini Tujuan dan Manfaatnya
source: https://cdn-cms.f-static.com/uploads/1507863/2000_5ba8c32daadae.jpg
baca juga

Pendidikan Karakter di Sekolah

Selain orangtua yang menjadi sarana sosialisasi primer bagi si kecil, sekolah juga memiliki peranan yang penting dalam pembentukan karakter anak. Anak usia diatas tiga tahun biasanya akan menghabiskan waktunya di sekolah, tentunya bersama tenaga pendidik dan teman-teman sebayanya. Orangtua perlu mencari tahu terlebih dahulu lingkungan sekolah sebelum mendaftarkan si kecil di sekolah tersebut karena di sekolah lah nantinya si kecil akan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan mendapatkan pendidikan karakter dari tenaga pengajar.

Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Si Kecil, Ini Tujuan dan Manfaatnya
source: https://lh6.googleusercontent.com/xyFQbUXotLX7Jli1NX7VNI37gVSG6FgXT9UA0yeKyJNAE8b_4s3_ScrlCZaukR8QAxJLBtkPqzyhDXXSfVYAWkkMfNEYoJWkhkvAjHonV0U7i4fiDayUG3ZcUARfaY7WSMzNJSJY

Demikian informasi mengenai pendidikan karakter untuk si kecil. Semoga bermanfaat ya Moms!