Manfaat Behel Gigi Untuk Wajah
​​​​​​

Sebagian orang mungkin mempunyai masalah pada bentuk gigi yang tidak rata, renggang, maju ke depan, gingsul ataupun gigi yang bertumpuk. Cara yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya ialah dengan pemasangan behel gigi. Selain untuk kesehatan gigi, pemakaian behel juga dapat dikaitkan dengan kecantikan Moms. Bukan hanya untuk style atau untuk mempercantik gigi, namun bentuk rahang dan susunan gigi yang rapih setelah di behel ataupun sebelum memakai behel juga mempunyai pengaruh pada tampilan wajah loh, Moms.

Kedudukan gigi yang mungkin mengalami penyimpangan posisi sebelumnya maupun ruang rahang akan menjadi lebih rapih dan sempit setelah dipasang kawat gigi sehingga mempengaruhi bentuk wajah terutama di sekitar area rahang dan mulut, Moms.

Pemakai Behel Gigi Sebaiknya Hindari Makanan Ini, Cari Tahu Apa Saja Yuk, Moms!

Gigi Ngilu Karena Behel Gigi

Behel gigi yang sifatnya mendorong pertumbuhan gigi ke letak yang diinginkan tentu akan menyebabkan rasa ngilu pada gigi. Terlebih ada benda asing yang ditempelkan di gigi kita sehingga rasanya pun akan sedikit mengganggu terutama untuk aktivitas yang menggunakan mulut seperti makan dan minum. Sebenarnya pemasangan behel gigi tidak sakit, hanya saja akan timbul ngilu pada gigi dan itu normal. Untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi yang di behel, Moms dapat berkumur dengan obat kumur yang mengandung klorheksidin. Lalu gunakan juga pasta gigi untuk gigi sensitive, Moms. Nyeri atau ngilu pada gigi akan berkurang sendirinya seiring berjalannya waktu. Tapi biasanya akan timbul lagi setelah behel dikencangkan saat control rutin ke dokter, namun itu hal yang wajar, Moms.

Pemakai Behel Gigi Sebaiknya Hindari Makanan Ini, Cari Tahu Apa Saja Yuk, Moms!
baca juga

Makanan Pantangan Pemakai Behel Gigi

Dengan adanya behel gigi tentu area gigi kita akan lebih dibatasi dibandingkan sebelum memakai behel. Termasuk dalam hal makan, pemakai behel gigi harus lebih pemilih soal menentukan makanan yang tepat untuk dimakan saat memakai behel agar gigi tetap nyaman dan bahkan tak akan merusak behel gigi. Adapun makanan pantangan bagi pemakai behel gigi yang sebaiknya dijauhi yaitu, daging merah, makanan keras seperti permen, kacang dan biji-bijian, mengunyah es batu, makanan yang kenyal dan lengket, buah dan sayur yang keras, hindari makanan berperwarna tinggi dan kadar gula tinggi hingga makanan atau buah dengan kadar asam tinggi yang dapat merusak enamel gigi.

Sedangkan makanan yang aman dan disarankan untuk dikonsumsi oleh pemakain behel seperti bubur atau nasi yang dilembutkan, agar-agar, makanan yang direbus atau dikukus, susu atau yogurt, aneka jus buah dan makanan lainnya dengan tekstur yang tak mudah mengangkut di behel gigi. Selain itu, makanlah pelan-pelan, gunakan gigi samping untuk mengunyah dan usahakan makan makanan bertekstur lembut atau yang dapat Moms olah dan sesuaikan dengan kemampuan menguyah seperti memotongnya lebih kecil kemudian dimakan dalam satu suapan. Hindari penggunaan gigi untuk menggigit karena dapat merusak behel gigi juga, moms.

Pemakai Behel Gigi Sebaiknya Hindari Makanan Ini, Cari Tahu Apa Saja Yuk, Moms!

Daging Merah

Berbagai jenis daging merah memiliki serat yang dengan mudahnya dapat tersangkut atau terselip di behel gigi saat memakannya. Oleh karena itu pemakain behel gigi sebaiknya hindari makanan dengan olahan daging. Kalau tidak bisa menghindarinya, sebaiknya kurangi saja pengonsumsiannya. Daging juga akan lebih sulit dikunyah yang dapat mengakibatkan ngilu pada gigi sampai longgarnya kawat gigi.

Pemakai Behel Gigi Sebaiknya Hindari Makanan Ini, Cari Tahu Apa Saja Yuk, Moms!
baca juga

Buah dan Sayuran Keras
​​​​​​

Beberapa jenis buah dan sayur memang memiliki tekstur yang keras. Dan perlu menghindari atau mengurangi pengonsumsian sumber vitamin dan mineral ini. Moms cukup harus pintar-pintar dalam memilih buah dan sayur yang tepat untuk dimakan saat mengenakan behel pada gigi. Pilihlah buah dan sayur bertekstur lembut atau bisa di jus untuk buah dan di rebus dan diolah dahulu untuk sayur agar lebih lunak. Selain itu, jika Moms terbiasa menggigit langsung buah dengan gigi seperti saat makan apel, sebaiknya ganti caranya dengan memotong-motong apel terlebih dahulu sebelum memakannya. Hal tersebut dapat mengurangi aktivitas menggigit makanan bertektur keras yang dapat menyebabkan gigi terasa ngilu hingga merusak posisi behel gigi.

Pemakai Behel Gigi Sebaiknya Hindari Makanan Ini, Cari Tahu Apa Saja Yuk, Moms!

Makanan Kenyal dan Lengket

Memakan makanan lengket seperti caramel atau permen karet sangat beresiko membuatnya tersangkut pada celah behel gigi dan sulit dibersihkan. Sehingga behel akan tampak kotor dan merusak penampilan. Sebaiknya hindari makanan ini agar tetap nyaman tanpa ada gangguan sisa makanan yang menempel.

Pemakai Behel Gigi Sebaiknya Hindari Makanan Ini, Cari Tahu Apa Saja Yuk, Moms!

Kacang dan Biji-Bijian

Kacang atau biji-bijian dengan bentuk kecil akan mudah terselip di gigi dan teksturnya yang keras pun akan sulit dikunyah dan dapat merusak gigi dan behel gigi jika dipaksakan makan dalam jumlah banyak dan sering. Bukan tidak mungkin kawat gigi menjadi bengkok dan dapat berpengaruh pada kerapihan gigi nantinya.

Pemakai Behel Gigi Sebaiknya Hindari Makanan Ini, Cari Tahu Apa Saja Yuk, Moms!