Perawatan payudara merupakan hal yang penting dilakukan oleh ibu hamil. Agar terhindar dari berbagai keluhan yang dialami saat melahirkan maupun pasca melahirkan, perawatan payudara harus moms terapkan. Perawatan payudara setelah melahirkan yang baik juga akan membuat moms nyaman memberikan ASI untuk bayi.
 
Perawatan payudara ibu menyusui bisa moms lakukan dengan memijat lembut area payudara yang juga berfungsi untuk memperlancar keluarnya ASI dan agar ASI tidak tersumbat. Saluran susu yang tersumbat bisa mengakibatkan terkenanya infeksi di area payudara, moms. Dengan mengompres payudara dengan air dingin, dapat membantu mengatasi payudara nyeri maupun bengkak. Selain itu, di bawah ini akan menjelaskan perawatan penting untuk payudara bagi ibu menyusui yang bisa moms aplikasikan untuk terhindar dari masalah nyeri payudara, dan lain-lain.

Bra Ibu Menyusui

Perawatan yang baik bisa dengan memperhatikan bra yang moms pakai pada masa menyusui. Pilihlah bra yang bisa menyerap keringat, tidak ketat, bra tanpa kawat, dapat menopang seluruh payudara, dan tentunya nyaman saat moms gunakan. Alangkah baiknya jika moms menggunakan bra khusu ibu menyusui yang juga akan memudahkan moms memberikan ASI untuk sang buah hati. Memakai bra yang tidak sesuai dengan ukuran payudara moms atau bra yang ketat akan menghambat aliran darah dan produksi ASI.

Bra Ibu Menyusui
baca juga

Pola Hidup Sehat

Menjaga kebersihan payudara merupakan bentuk dari pola hidup sehat. Kebersihan payudara harus moms jaga mulai dari sebelum melahirkan atau memasukin masa kehamilan, sehingga tiba waktunya menyusui moms terhindar dari terkena infeksi payudara. Saat sebelum dan sesudah menyusui, pastikan tangan moms dalam keadaan bersih, karena virus atau bakteri yang berada di tangan bisa menyebar ke payudara dan menyebabkan infeksi serta berakibat buruk terhadap bayi. Sisa-sisa ASI yang masih menempel di area payudara harus moms pastikan tidak tersisa, moms bisa membersihkannya saat mandi atau handuk kecil yang telah dibasahi dengan air hangat.

Pola Hidup Sehat

Konsumsi Makanan Sehat

Saat menyusui, konsumsi makanan yang mengandung zat kalori, vitamin, protein, dan mineral. Hal tersebut merupakan perawatan payudara dari dalam. Moms juga perlu mengurangi mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, soda, dan teh, karena kafein bisa mengurangi kadar zat besi pada ASI. Selain itu, jangan konsumsi minuman berakohol, serta makanan yang menyebabkan moms beralergi karena alergi bisa berdampak juga ke bayi yang sedang menerima ASI.

Konsumsi Makanan Sehat