Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja. Hal tersebut bisa terjadi jika kita tidak peduli dengan kesehatan jantung kita, misalnya dengan pola hidup tidak baik seperti malas berolahraga dan mengonsumsi rokok atau alkohol, serta asupan makanan sehat yang tidak dipraktikkan. Berikut 10 makanan sehat untuk jantung yang bisa moms konsumsi.

Ikan Salmon

ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Omega-3 baik untuk tubuh untuk menjaga tekanan darah dan jantung agar sehat dan normal. Ikan salmon masuk ke dalam jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi dikala seseorang sudah divonis terkena penyakit jantung.

Ikan Salmon
baca juga

Kacang-Kacangan

kacang-kacangan merupakan makanan sehat yang bisa kamu jadikan cemilan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan serat, lemak baik, dan sterol lah yang dibutuhkan jantung. Moms bisa mencoba rutin mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, selain baik untuk jantung, makanan sehat satu ini juga baik untuk menurunkan kolesterol.

Kacang-Kacangan

Cokelat Hitam

Mengonsumsi satu porsi atau 28.35 gram cokelat hitam per minggu dapat membantu menormalkan detak jantung. Cokelat hitam yang menjadi cemilan sehat ini mengandung flavanol yang bagus bagi tubuh karena zat flavanol bersifat anti-oksidan, anti-inflamasi, dan anti-peradangan.

Cokelat Hitam
baca juga

Buah Berry

Buah berry kaya akan kandungan vitamin C dan anti-oksidan. Kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan jantung, dan baik dikonsumsi setiap hari. Macam-macam buah berry yang baik untuk jantung sekaligus diabetes yakni strawberry, cranberry, blueberry, blackberry, dan masih banyak lagi.

Buah Berry

Buah Jeruk

seperti yang sudah sebagian orang tahu, buah jeruk merupakan makanan sehat yang kandungan vitamin C-nya cukup melimpah. Buah jeruk juga mengandung flavanon berfungsi menjaga pembuluh darah dan jantung, serta kolesterol jika moms mengonsumsinya setiap hari. Buah jeruk dianjurkan dikonsumsi bagi penderita stroke dan peradangan pada arteri.

Buah Jeruk

Teh Hijau

Makanan sehat untuk jantung yang bisa moms konsumsi yakni teh hijau. Teh hijau mengandung flavonoid yang bersifat anti-oksidan, serta mengandung katekin. Zat-zat tersebut mampu menetralkan atau mengurangi darah yang menggumpal, sehingga aliran darah menjadi lancar. Penggumpalan darah sendirilah yang menjadi faktor terjadinya serangan jantung.

Teh Hijau

Bawang Putih

Bawang putih bagus dikonsumsi untuk mencegah terkena penyakit jantung, apalagi jika makanan sehat ini dikonsumsi dalam keadaan mentah. Bawang putih segar dipercaya dapat menghasilkan lebih banyak jumlah darah bersih di dalam pembuluh darah. Serangan jantung bisa terjadi karena kurangnya suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh, dan kandungan pada bawang putih segar bisa membantu mengurangi kerusakan jantung akibat suplai oksigen yang kurang.

Bawang Putih

Ubi Jalar

Ubi jalar menjadi pilihan makanan sehat untuk jantung moms. Ubi jalar memiliki kandungan zat besi, vitamin C, dan kalsium. 12 potasium yang merupakan mineral yang terkandung dalam ubi jalar sangat dibutuhkan oleh jantung moms agar lebih sehat, dan mengurangi tekanan darah.

Ubi Jalar

Tahu

Mineral, serat, dan lemak tak jenuh sangat dibutuhkan tubuh untuk kesehatan jantung, dan tahu memiliki kandungan yang disebutkan itu. Protein vegetarian yang terkandung dalam tahu lah yang menjadikan tahu sebagai makanan sehat yang baik untuk penderita penyakit jantung. Namun, alangkah baiknya mengonsumsi tahu yang tidak digoreng, ya. Moms bisa mengolah tahu dengan cara direbus atau disayur.

Tahu

Oatmeal

Makanan sehat yang bisa moms nikmati untuk menjaga kesehatan jantung yaitu oatmeal. Oatmeal bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan, moms. Selain itu, oatmeal juga bisa menjadi menu diet karena dapat menahan rasa lapar hingga berjam-jam, kadar gula dalam darah. Serat oat membantu mengurangi kolesterol jahat dan menjaga jantung agar tetap sehat.

Oatmeal