Asam Jawa
​​​​​​

Buah dengan rasa asam yang sering dijadikan campuran dalam makanan seperti untuk sayur asem dan kuah pempek ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Asam jawa berasal dari pohon asam jawa yang dapat tumbuh tinggi dan besar di alam. Namun pohon asam jawa juga bisa dijadikan bonsai atau tanaman hias kerdil yang unik dan indah, Moms.

Kerdil dan Unik, Intip Yuk Cara Membuat Bonsai Pohon Asam Jawa

Bonsai Pohon Asam Jawa

Bonsai pohon asam jawa memiliki bentuk yang hampir sama dengan pohon aslinya namun hadir dalam versi kerdil. Memiliki struktur batang alot dan tidak mudah patah sehingga lebih mudah di bentuk sesuai keinginan. Bentuknya yang lebih mini membuat bonsai mempunyai keindahan dan daya Tarik tersendiri ketimbang pohon biasa.

Dalam pembuatannya, bonsai pohon asam jawa dapat menggunakan biji asam jawa yang disemaikan ataupun dengan cara mencangkok dari pohon asam jawa yang sudah besar atau dengan mengambil bakalan bonsai dari tempatnya, Moms.

Namun dalam menanam bonsai asam jawa ini tidak dapat menerapkan cara stek (memotong bagian tertentu kemudian ditanam) Moms. Selain itu, akan lebih baik jika bonsai asam jawa ditanam di tanah yang berkabur atau berpasir agar tunas lebih cepat bermunculan. Drainase tanah yang baik juga akan menentukan kelangsungan hidup dari bonsai pohon asam jawa.

Kerdil dan Unik, Intip Yuk Cara Membuat Bonsai Pohon Asam Jawa
baca juga

Cara Sederhana Membuat Bonsai Asam Jawa
​​​​​​

Cara sederhana yang bisa Moms terapkan jika ingin membuat dan menjadikan bonsai pohon asam jawa sebagai tanaman hias di rumah, yaitu dengan menggunakan bakalan dari bji asam jawa di rendam selama satu minggu di wadah terbuka, rendam dengan pupuk pertumbuhan kemudian tanam dalam polybag dengan komposisi tanah, pupuk kandang, pasir dan kompos.

Tanam biji asam jawa yang sudah berkecambah dengan tidak terlalu dalam di tanah, tunggu hingga mulai besar. Jika sudah demikian, bakalan dari bonsai asam jawa siap digunakan.

Proses selanjutnya setelah menyiapkan bakalan bonsai, Moms tentukan terlebih dahulu bentuk dari bonsai yang diinginkan untuk dibuat. Ada beberapa macam bentuk bonsai pohon asem yang bisa Moms pilih, diantaranya bentuk bonsai sarung angin, bentuk tegak berkelok-kelok, bonsai akar terjalin, bonsai miring ke kiri, miring ke kanan dan lain sebagainya. Tentukan sesuai selera.

Kemudian atur diameter batang, bagian bawah bisa jauh lebih besar dan semakin kecil ke atas. Seimbangkan juga kiri dan kanannya. Dahan yang baik ialah yang berada di puncak lengkungan batang pohon. Pertahankan dan pangkas dahan yang berada di dalamlengkungan. Tarik garis lurus dari bagian pangkal batang hingga pucak pohon ya, Moms.

Kerdil dan Unik, Intip Yuk Cara Membuat Bonsai Pohon Asam Jawa

Perawatan Bonsai Asam Jawa

Untuk perawatannya, bonsai asam jawa yang semakin besar harus sering dikontrol atau dipantau pertumbuhan dahannya karena dahan bisa saling bertumpuk. Pangkaslah dahan yang terlalu rimbun dan tidak diinginkan. Karena dapat merusak bentuk bonsai yang sudah ditentukan. Jika bonsai sudah tumbuh sesuai bentuk yang diinginkan, kawat belitan bisa dilepas, Moms. Lalukanlah pemangkasan rutin agar bentuk tetap stabil dan tidak berubah. Selain itu siram secara rutin disertai pemupukan. Bisa menggunakan pupuk kompos, pupuk kandang maupun pupuk organik.

Kerdil dan Unik, Intip Yuk Cara Membuat Bonsai Pohon Asam Jawa