Mempersiapkan Ramadhan untuk Anak


Moms sebelum menginjak hari raya Ramadhan 2019 ini ada baiknya jika moms mengajari anak tentang makna dari puasa agar dia mengerti. Moms perlu mempersiapkan Ramadhan untuk anak agar belajar puasa sejak dini atau setidaknya memahami tentang makna dari puasa.

Moms, cara memperkenalkan bulan Ramadhan pada anak-anak berbeda dengan mengajar orang yang sudah tumbuh dewasa karena diperlukan pemahaman yang lebih ekstra lewat visual salah satunya.

Si kecil dapat belajar untuk memahami lewat media atau pemahaman dari orang tua. Berikut ini beberapa cara untuk mengajarkan pendidikan tentang Ramadhan dan puasa.

  1. Mengajak si kecil untuk menonton program TV yang bertajuk Ramadhan dalam rupa kartun yang mendidik.
  2. Membacakan cerita Islami lewat buku gambar
  3. Menceritakan pengalaman masa kecil mommy tentang Ramadhan
  4. Memberikan mainan atau mendownload game yang bertema Ramadhan
  5. Lalu untuk menarik niat anak supaya mau berpuasa moms dapat memberikan reward apabila anak berhasil menjalankan target
Mempersiapkan Ramadhan untuk Anak
source: https://id.pinterest.com


 

Usia yang Tepat untuk Anak Puasa


Puasa bagi anak kecil sebenarnya tidak wajib selama anak belum memasuki balig. Tapi ada baiknya jika moms mengajari anak untuk berpuasa agar mulai terbiasa. Menurut sebagian ulama usia yang tepat untuk anak berpuasa adalah umur 10 tahun.

Apabila si kecil baru pertama kali mencoba untuk berpuasa, moms dapat melihat perkembangan anak selama tiga hari, jika dirasa anak tidak mengalami kendala atau lemah anak dianjurkan untuk berpuasa selama bulan Ramadhan.

Usia yang Tepat untuk Anak Puasa
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Manfaat Puasa Bagi Anak Kecil


Selama bulan Ramadhan anak yang menjalankan puasa akan belajar untuk mendekatkan diri dengan Tuhan, menjalankan perintah agama, belajar untuk menahan diri dan emosi. Anak akan belajar tentang arti tanggung jawab, kedisiplinan, belajar menahan hawa nafsu untuk tidak makan dan minum, menjaga perilaku dan sikap. Dari segi kesehatan sendiri puasa akan membuat organ pencernaan beristirahat.

Selain itu anak juga akan belajar tentang kesabaran dan merasakan deritanya orang yang tidak bisa makan sehingga bisa menghargai berkat yang telah Tuhan berikan di hidupnya. Tentunya anak juga perlu bimbingan orang tua selama menjalankan puasa apalagi jika anak baru pertama kali menjalankan puasa pastinya anak akan merasa berat tetapi di sinilah peran orang tua untuk memberikan pemahaman dan semangat agar si kecil dapat menjalankan puasa dengan penuh dan lancar.

Manfaat Puasa Bagi Anak Kecil
source: https://id.pinterest.com

Moms, mengajari anak untuk berpuasa sejak dini akan membuat anak terbiasa secara fisik maupun mental. Moms harus membuat anak untuk tidak merasa tertekan dalam menjalankan puasa tetapi menyenanginya dengan cara memberikan pemahaman. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk moms dan si kecil ya.