Cincin Berlian Martapura

Martapura adalah kota terbesar penghasil intan di Indonesia. Seperti namanya, berlian Martapura berasal dari kota Martapura di provinsi Kalimantan Selatan. Berlian Martapura memiliki ukuran yang terbilang agak kecil dengan harga yang luar biasa mahal. Bisa dikatakan untuk berlian dengan 0,5 karat saja bisa terjual hingga Rp4.000.000 dan untuk berlian 1 karat sampai seharga Rp 5.000.000. Namun, ciri khas dari berlian Martapura ini adalah berasal asli dari Martapura yang dikelola di kota tersebut. Di Martapura, cincin berlian ini dijual tidak di pertokoan seperti layaknya di mall-mall Jakarta.

Cincin Berlian Martapura

Cincin Berlian Medan

Berdasarkan namanya, tentunya berlian Medan ini  berasal dari kotan Medan. Berlian Medan ini biasanya dikenal dengan warnanya yang agak kecokelatan dan clarity atau nama lainnya cacat yang mudah terlihat dengan mata tanpa harus menggunakan loupe. Selain warna cokelat, berlian Medan satu ini pun memiliki warna putih. Berlian Medan memiliki kejernihan yang dinilai lebih baik daripada berlian garam. Oleh karena itu, harganya pun terbilang lebih mahal dibandingkan berlian garam. Hal yang perlu Moms ketahui dari berlian Medan adalah semakin warnanya kecokelatan maka harganya akan lebih murah.

Cincin Berlian Medan
baca juga

Ciri Cincin Berlian Asli

  1. Berlian asli itu keras, jadi ketika Moms punya cincin berlian dan terbentur lalu pecah. Maka, bisa dipastikan berlian yang Moms miliki adalah palsu.
  2. Berlian asli memiliki banyak warna, antara lain pink, kuning, dan biru.
  3. Karena berlian asli itu keras, berlian bisa digunakan untuk menggores benda apapun. Salah satunya menggores kaca.
  4. Tidak mampu merefleksikan sesuatu secara jelas. Berlian palsu terbuat dari kaca, ketika Moms refleksikan dengan suatu benda maka benda tersebut akan terefleksikan dengan jelas. Berbeda dengan berlian asli.
  5. Berlian asli ketika Moms menghembuskan nafas kearahnya, embun akan menghilang dengan cepat. Berlian palsu akan hilang dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan berlian asli.
  6. Sama halnya dengan kabut, berlian asli tidak bisa dipanaskan. Panas akan menghilang dengan cepat ketika berlian Moms adalah berlian asli.
  7. Berlian asli tidak mudah tergores benda apapun.
  8. Berlian asli akan mengapung ketika diceburkan ke air, berlian palsu akan tenggelam ketika tercebur ke air.
Ciri Cincin Berlian Asli