Hindari Obat Over-the-Counter

Tidak ada anti-histamin over-the-counter, penekan batuk, ekspektoran atau dekongestan yang direkomendasikan untuk digunakan pada anak di bawah usia 4 tahun. Produk ini bisa sangat berbahaya bagi bayi dan dapat memperburuk gejala jika dikonsumsi.
 

Hindari Obat Over-the-Counter
source: http://corporate.kimiafarmaapotek.co.id



 

baca juga

Bulb Syringe dan Saline

- Semprotan Saline bisa membantu lendir tipis yang mengalirkan saluran hidung ke tenggorokan. Tempatkan bayi di punggung dan masukkan ujung botol semprot air garam tepat di dalam satu lubang hidung.

Cara terbaik untuk memeras satu atau dua tetes ke hidung bayi bukan semprotan kabut. Hal ini bisa dilakukan dengan meremas botol secara perlahan sedikit saja, bukan dengan cepat dan kencang. Ulangi proses di lubang hidung sebelah lain dan biarkan bayi beristirahat beberapa detik. 

- Gunakan semprotan bola karet untuk menyedot bagian hidung. Hal ini bisa dilakukan dengan memasukkan jarum suntik jarak pendek ke hidung saat bola karet tertekan dan kemudian dengan cepat melepaskan bola karet.

Hati-hati saat memasukkan ujung semprit, kamu hanya perlu memasukkan 1/4 inci atau kurang. Mintalah seorang profesional perawatan kesehatan tentang mengisap bayi untuk menghilangkan lendir. 
 

Bulb Syringe dan Saline
source: https://yoonfamilyadventures.wordpress.com



 

Meningkatkan Kelembaban

Kelembaban di udara bisa mempermudah bayi untuk batuk lendir atau mengatasi drainase. Pelembab kabut yang sejuk atau hangat dapat ditempatkan di ruangan dengan bayi untuk memberi kelembaban lebih banyak dalam ruangan.

Pelembab kabut yang dingin sering disukai bayi karena risiko luka bakar dengan humidifier kabut yang hangat. Tergantung pada gejala penyakit lainnya yang menyebabkan dahak, kabut dingin atau hangat bisa lebih efektif dalam menipiskan drainase.

Batuk kering dan hacking bisa diperbaiki dengan kabut hangat sedangkan batuk basah dengan banyak lendir bisa diperbaiki dengan kabut dingin. Alternatif lain untuk menciptakan kelembaban meliputi merebus panci air di atas kompor selama beberapa jam atau menahan bayi di kamar mandi yang tertutup saat mandi air panas sedang mengalir.
 

Meningkatkan Kelembaban
source: https://id.aliexpress.com



 

baca juga

Minyak Esensial

Berbagai minyak esensial dapat digunakan untuk mengencerkan lendir dan mempermudah pernapasan anak. Gunakan minyak kayu putih, peppermint atau spearmint ke humidifier, menjalankan shower atau panci mendidihkan air dapat membuat uap yang menenangkan yang bisa dihirup anak untuk mengencerkan dahak anak.
 

Minyak Esensial
source: http://metrobali.com



 

Pilihan Lain

Terus beri susu formula biasa atau ASI saat batuk berdahak agar tetap terhidrasi. Meninggikan tempat tidur bayi bisa membantu drainase dan pernapasan. Ganjal bantal anak dengan selimut di bawah bantal atau kasur.

Jangan pernah menaruh sesuatu di bawah bayinya untuk mengangkatnya. Jika batuk berdahak berkepanjangan maka segera bawa anak kamu ke dokter.
 

Pilihan Lain
source: https://ragamanak.com