Daun Talas

Daun talas yang terkenal anti air dan memiliki bentuk sepeti hati itu, tiap 100 gramnya mengandung 85.66 gram air dan 42 kkal (energi). Daun talas seringkali tumbuh di kawasan Asia Tenggara. 

Daun Talas

Daun talas ternyata mengandung banyak manfaat bagi tubuh, tidak hanya itu, daun talas juga mengandung protein, total lipid (lemak), karbohidrat, serat makanan, gula, kalsium dan lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Nama Lain Daun Talas

Sebagaimana jenis tumbuhan lainnya, daun talas juga memiliki nama ilmiah yang jarang diketahui. Tumbuhan talas yang memiliki nama ilmiah Colocasia esculenta ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh lho moms.

Adapun kandungan protein pada daun talas dalam bentuk kering adalah sebesar 23%. Nilai ini terbukti lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan yang terdapat pada bagian umbinya. Selain itu daun talas juga memiliki kandungan vitamin A, kalsium dan zat besi. Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa batang tanaman talas juga memiliki kandungan yang mendekati kandungan daun talas.

baca juga

Manfaat daun talas

Tidak hanya umbi talas, daun talas juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Berikut beberapa manfaat yang perlu moms ketahui.

  • Mencegah kanker. Daun talas merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam air. Vitamin ini memiliki efek antikanker yang kuat yang menghambat pertumbuhan tumor kanker dan menurunkan perkembangan proliferasi sel kanker.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat lain dari daun talas adalah menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi karena kandungannya yang bernama saponin, tanin, karbohidrat dan flavonoid. Ditemukan dalam Sebuah penelitian menunjukkan efek ekstrak air daun Colocasia esculenta dievaluasi untuk aktivitas diuretik antihipertensi dan akut pada tikus.
  • Membantu pencernaan. Kandungan serat pada daun talas ini ternyata dapat membantu sistem pencernaan moms. Jadi, ketika mengalami gangguan pencernaan, mengkonsumsi daun talas dapat membantu menuntaskannya moms.

Cara Mengonsumsi Daun Talas

Agar terhindar dari rasa gatal dari daun talas, maka moms harus memasajnya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya yaa. Adapun cara memasaknya yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama, bersihkan daunnya dan tambahkan ke air mendidih. 
  2. Biarkan daun mendidih selama 10-15 menit.
  3. Tiriskan air dan tambahkan daun rebus ke piring Anda.
Cara Mengonsumsi Daun Talas
baca juga

Efek Samping Daun Talas

Selain banyak manfaat ternyata daun talas juga memiliki efek samping moms. Daunnya dapat menyebabkan reaksi alergi yang menyebabkan rasa gatal, kemerahan dan iritasi pada kulit. Dan juga  kandungan oksalat dalam daun menyebabkan pembentukan batu ginjal kalsium oksalat. Jadi, penting untuk merebus atau memasak daun talas sebelum mengonsumsinya.

Efek Samping Daun Talas