Flu perut merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi usus dan lambung karena terserang virus yang bernama norovirus. Namun sakit perut atau flu perut akibat virus norovirus umumnya menyerang orang dewasa, sementara flu perut pada anak atau bayi disebabkan oleh virus rotavirus. Tapi tidak menutup kemungkinan norovirus bisa menyerang anak-anak.

Flu perut sendiri memiliki nama medis yakni gastroenteritis. Flu perut bisa terjadi jika kebersihan kurang dijaga seperti makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Jangan sampai buah hati terserang flu perut, dan moms harus lebih dulu kenali gejala flu perut pada anak agar bisa mengetahui cara menangani penyakit tersebut.

Gejala Flu Perut Pada Anak

Terserangnya virus pada anak hingga menyebabkan flu perut biasanya karena lingkungan seperti sekolah, panti jompo, atau rumah sakit. Virus ini tersebar melalui kontak langsung dengan orang lain, seperti berjabat tangan. Selain itu, makanan dan minuman yang dibiarkan terhidang di tempat terbuka juga memungkinkan terhinggapnya virus. Moms harus pastikan ya santapan buah hati sudah higienis atau belum.
 
Tentu gejala yang bisa moms kenali saat anak terkena flu perut yakni sakit perut pada anak disertai muntah. Anak akan merasa perutnya keram, mengalami diare, merasakan mual, sakit kepala, BAB berdarah atau sedikit serta kering, dan anak kehilangan nafsu makannya. Anak yang terkena flu perut juga akan mengalami demam hingga 38,9 derajat celcius atau lebih. Terlebih jika anak mengalami dehidrasi dengan ciri-ciri mulut dan kulit kering, menangis tanpa mengeluarkan air mata dan anak merasa kehausan, bisa jadi itu adalah gejala dari terkenanya flu perut.  

Gejala Flu Perut Pada Anak
baca juga

Cara Mengobati Flu Perut Pada Anak

sebelum mengobati flu perut pada anak, moms harus beri jarak sang anak dengan orang lain agar orang lain tidak terkena virus yang menyebabkan flu perut. Mengalami flu perut membuat kandungan potassium, sodium, dan garam dalam tubuh anak menjadi berkurang. Maka dari itu, moms bisa memberikan anak pisang yang mengandung potassium, atau jus buah-buahan yang memiliki serat tinggi dan tubuh anak akan selalu ternutrisi. Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Selain meminum obat pereda demam atau yang lainnya dari dokter, berikan juga minuman jahe yang membantu menangkas infeksi bakteri.  

Cara Mengobati Flu Perut Pada Anak