Penyebab Umum

Batuk bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. Jika batuk anak kamu produktif dan biasanya memburuk di malam hari, mungkin ini terkait dengan pilek. Meski asma juga bisa menyebabkan batuk malam hari, batuk biasanya tidak produktif.

Meski batuk berdahak bisa dikaitkan dengan infeksi bakteri, biasanya itu menandakan dimulainya flu biasa. Pada malam hari, lendir mengalir dari hidung dan sinus ke tenggorokan anak, yang mengganggu lapisan dan menyebabkan batuk.
 

source: https://www.babycenter.com



 

baca juga

Penyebab Lainnya

Penyebab lain yang kurang mungkin untuk batuk malam hari produktif termasuk virus sinsitial pernafasan dan virus lainnya, serta pneumonia, sinusitis, objek yang tertelan dan fibrosis kistik. Virus sinsitial pernapasan, atau RSV, mirip dengan flu dan dapat menyebabkan infeksi yang lebih serius seperti pneumonia, jika tidak jelas.

Pneumonia sering menyerang setelah pilek dan ditandai dengan batuk dan demam yang parah. Sinusitis kurang umum pada balita, tapi mungkin penyebabnya jika dokter kamu telah mengesampingkan pneumonia.
 

source: http://caraterbaikdalammengatasipenyakit222.blogspot.co.id



 

Gejala Lainnya

Batuk di malam hari sering disertai gejala lain, yang mungkin memberi petunjuk pada kondisi anak kamu. Ingatlah bahwa meski mungkin mengkhawatirkan, muntah pada akhir masa batuk yang parah biasa terjadi karena batuk bisa memicu refleks muntah pada balita.

Jika balita kamu memiliki banyak drainase, bisa menguras perut dan menyebabkan mual dan muntah. Amati gejala lain saat anak kamu batuk seperti pilek, sulit bernapas dan demam.
 

source: http://obatbatukalamiuntuk-anak.blogspot.co.id