Apa sih Makeup Esensial itu?

Apa sih Makeup Esensial itu?

Makeup esensial adalah produk-produk makeup yang sedikitnya wajib dimiliki. Sesuai namanya yang esensial, makeup ini bisa digunakan pada acara apapun dan merupakan dasar yang bisa membuat tampilan wajah menjadi lebih fresh dan flawless. Sebenarnya, mungkin salah satu dari makeup esensial ini pun sudah bertengger cantik di meja rias Moms, namun tak sedikit juga yang masih kebingungan apa saja yang harus dimiliki bagi pemula yang sekedar ingin memakai makeup. Nah, sekarang kita bahas yuk apa saja sih makeup esensial itu.

1. Base Makeup

1. Base Makeup

Sesuai dengan arti dari base makeup yaitu dasar bagi makeup, tentunya Moms bisa langsung tahu kalau produk-produk base makeup dapat juga dikategorikan sebagai skincare. Fungsi dari base makeup sendiri adalah untuk membuat kulit lebih siap diberikan langkah selanjutnya (makeup). Karena sesungguhnya, kulit yang siap akan membuat tampilan makeup kita menjadi lebih menyatu dan jauh dari kata cakey.

Salah satu yang wajib sekali Moms lakukan adalah pemberian moisturizer, karena bukan hanya melembabkan, moisturizer juga dapat berperan penting dalam ketahanan makeup sekalipun kulit Moms berminyak. Jadi jangan lupa selalu pakai moisturizer yang sesuai ya Moms.

baca juga

2. Sunscreen

2. Sunscreen

Tak bisa dipungkiri lagi jika setiap hari, kulit kita akan terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, sangat penting bagi Moms untuk menggunakan sunscreen ini setiap hari terutama ketika akan melakukan kegiatan di luar ruangan. Ternyata, bukan hanya Moms yang bisa menggunakan sunscreen, Dads bahkan si kecil pun bisa asalkan dicocokan dengan formula yang terkandung dalam sunscreen. Penggunaan sunscreen dapat dilakukan setelah pengaplikasian moisturizer dan sebelum mengaplikasikan makeup.

Ingat ya Moms, minimal sunscreen yang harus Moms gunakan agar kulit terlindungi adalah yang memiliki SPF 30. Kini, sudah banyak produk luar bahkan lokal yang memproduksi sunscreen dengan harga terjangkau, jadi jangan sampai terlewat ya, Moms.

3. Concealer

3. Concealer

Jika Moms tidak punya waktu untuk menggunakan makeup yang tebal dan masih mengira bahwa makeup yang flawless dihasilkan oleh complexion yang lengkap. Kini buang jauh-jauh Moms pikiran itu, karena Moms tidak perlu lagi mengaplikasikan foundation tebal setiap hari hanya untuk menutupi noda atau kekurangan di wajah Moms. Moms hanya perlu memberikan sedikit concealer saja ke bagian-bagian yang membutuhkan seperti kantung mata, bekas jerawat atau imperfection lainnya. Selain membuat makeup lebih natural, rasanya pun akan lebih ringan dibandingkan dengan menggunakan foundation.

Coverage concealer yang tinggi membuat sedikit saja olesan concealer dapat langsung menutupi imperfection. Moms bisa menggunakan concealer yang murah namun berkualitas keluaran Maybelline, Makeover dll

baca juga

4. Bedak Tabur

4. Bedak Tabur

Tak ingin muka terlihat seperti lampu disko di siang hari? Gunakan saja bedak tabur. Setelah imperfections tertutupi concealer, wajib bagi Moms untuk membubuhkan bedak agar tidak mudah luntur dan dapat menyerap minyak. Bedak yang direkomendasikan adalah bedak tabur karena sangat kecil kemungkinannya untuk menutupi pori-pori seperti bedak two way cake yang ada di pasaran.

Selain itu, bedak tabur lebih ringan dan terlihat natural sehingga Moms bisa membuat tampilan yang fresh namun tidak berlebihan. Pilih bedak tabur yang sesuai dengan tone kulit Moms agar tidak terlihat terlalu putih atau terlalu gelap. Moms bisa menggunakan bedak tabur keluaran Marck's Beauty, Makeover, Wardah atau brand lain yang Moms suka.

5. Eyebrow Pensil

5. Eyebrow Pensil

Siapa disini yang tak bisa keluar tanpa alis? Jika Moms memang team alis pastinya sudah sangat tahu bahwa pensil alis adalah makeup yang wajib banget dimiliki. Untuk Moms yang memang dikaruniai alis yang lebat dan tebal, bersyukur lah karena Moms mungkin bisa melewatkan tahap ini. Namun, bagi Moms yang alisnya minimalis tak perlu sedih, Moms bisa mengakali dengan menggunakan pensil alis.

Sudah banyak brand lokal yang memiliki produk alis yang kualitasnya juara dan murah meriah. Pilih warna yang sesuai dengan rambut alis ya, Moms. Jangan sampai terlalu gelap ataupun terlalu merah. Moms bisa mencoba produk legend seperti Viva dan Sariayu atau produk dengan ragam inovasi seperti dari Wardah dan Emina.

6. Lip Tint

6. Lip Tint

Wajah sudah oke, noda jerawat sudah tertutupi, alis sudah rapi namun sepertinya masih ada yang kurang enggak sih Moms. Ya, pewarna bibir. Jika Moms golongan yang hanya sekedar ingin terlihat segar dan natural, Moms bisa membeli lip tint dibandingkan lipstick atau lipcream. Lip tint ini cenderung cair karena bahan utamanya air, sudah pasti tidak akan terasa berat di bibir. Kesan yang segar dan natural akan keluar saat Moms menggunakan lip tint. Bahkan jika Moms hanya menggunakan sunscreen dan lip tint sekalipun, Moms akan tetap terlihat fresh.

Kini, tak hanya brand korea yang mengeluarkan lip tint, brand lokal seperti Emina tak kalah lho, Moms. Harganya sudah pasti terjangkau. Satu lagi Moms, lip tint juga tak hanya bisa dijadikan sebagai pewarna bibir, namun bisa juga lho dijadikan hack untuk perona pipi. Multifungsi sekali kan Moms?

Setelah mengetahui apa saja yang harus Moms miliki, kini saatnya kita belajar bareng yuk dari video makeup di bawah ini.

Tips Makeup Simple dan Praktis

youtube:RMTrCQmdv2I
source: https://www.youtube.com/watch?v=RMTrCQmdv2I
No Foundation Makeup! ( UPDATED ) Makeup Routine

Selamat mencoba, Moms.