Daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani favorit karena sangat mudah didapat
dan harganya relatif terjangkau. Moms yang tidak pandai memasak juga tak perlu bingung, karena daging ayam cukup mudah untuk diolah, tekstur dagingnya yang tidak terlalu alot
membuat daging ayam cepat empuk dan terasa lembut. Salah satu cara pengolahan daging ayam yang umum dilakukan yaitu dengan dibakar.

Daging ayam yang dibakar akan mengeluarkan aroma khas sehingga membuat olahan ini sangat cocok dinikmati dengan nasi panas dan sambal favorit orang Indonesia. Berikut beberapa bumbu untuk olahan ayam bakar yang bisa moms coba.

5 Olahan Ayam Bakar dengan Bumbu Khas Nusantara, Intip Yuk Moms!

Ayam Bakar Madu

Madu kaya akan asam amino, antioksidan, vitamin, dan mineral. Selain itu rasa manis madu
berasal dari fruktosa, yaitu sejenis gula alami seperti yang terdalam buah, sehingga lebih baik bagi tubuh dan dapat lebih banyak memberikan energi. Selain memiliki manfaat super bagi tubuh, madu juga sangat lezat dijadikan sebagai bumbu tambahan dalam ayam bakar loh moms.

Madu berperan untuk memberikan rasa manis dan legit menggantikan peran kecap manis. Nah bagi moms yang sedang mencoba untuk melakukan diet sehat, olahan ayam bakar madu ini bisa dijadikan pilihan. Jangan lupa untuk melengkapi hidangan ayam bakar dengan berbagai sayur lalapan ya moms, agar nutrisi yang didapat semakin lengkap.

Ayam Bakar Madu
baca juga

Ayam Bakar Bumbu Madura

Mungkin moms lebih familiar penggunaan bebek dalam olahan dengan bumbu Madura ya. Tapi, jika moms kurang menyukai daging bebek atau susah menemukan daging bebek di pasaran, ganti saja dengan ayam. Bumbu Madura yang betwarna hitam pada dasarnya adalah 'sisa' dari bumbu halus yang digunakan untuk mengungkep ayam. Bumbu halus tersebut kemudian digoreng hingga kecokelatan atau bahkan nyaris hitam.

Moms yang ingin mencoba membuat menu ini di rumah harus hati-hati saat menggoreng 'sisa' bumbu ungkep tersebut, jangan gunakan api yang terlalu besar atau minyak yang terlalu panas karena bumbu ini sangat rentan gosong. Saat disajikan bumbu ini dapat digunakan sebagai pengganti sambal.

Ayam Bakar Bumbu Madura

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Pecinta rasa pedas manis pasti akan menyukai olahan ini, ayam bakar bumbu rujak. Sebenarnya
menu ini tak jauh berbeda dari ayam bakar pada umumnya, bedanya peran kecap manis digantikan oleh gula. Gula Jawa atau biasa disebut juga sebagai gula aren dan gula merah dihasilkan melalui proses pengendapan air nira dari pohon aren. Gula aren mengandung beberapa zat gizi penting bagi tubuh di antaranya yaitu karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B3 dan C.

Gula aren juga mengandung serat makanan yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Jadi moms, selain untuk memberikan rasa manis yang enak di lidah, menambahkan gula aren dalam sajian menu masakan juga dapat memberikan ragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Asal konsumsinya jangan berlebihan ya!

Ayam Bakar Bumbu Rujak
baca juga

Ayam Bakar Taliwang

Makanan ini adalah menu masakan khas Lombok yang biasa disajikan dengan makanan khas lombok lain seperti plecing kangkung. Ciri khas dari ayam bakar taliwang terletak pada bumbunya yang terasa sangat kaya dan creamy karena penambahan santan di dalamnya. Bumbu taliwang berwarna kuning, dan untuk membuat ayam bakar taliwang bumbu ini harus diungkep bersama ayam hingga benar-benar meresap.

Meskipun merupakan makanan khas Lombok, bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat ayam bakar ini sangat mudah ditemukan dimana saja karena sangat umum dan sederhana. Yang moms perlukan jika ingin membuat menu ini adalah kesabaran, karena dalam mengungkep ayam bersama bumbu taliwang diperlukan ketelatenan dalam mengaduk agar santan tidak pecah dan ayam tidak hancur.

Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Padang

Seperti masakan Padang pada umumnya, yang didominasi oleh warna merah cabai, ayam bakar Padang juga akan demikian. Memiliki rasa pedas karena perpaduan cabai merah keriting dan cabai rawit, ayam bakar Padang sangat cocok disajikan sebagai santapan siang untuk keluarga. Selain rasa pedas, dalam ayam bakar padang juga akan moms temukan rasa sedap dari perpaduan berbagai rempah Indonesia seperti kunyit, jahe, dan lengkuas. Lengkapi hidangan ini dengan sambal hijau dan juga daun singkong rebus khas padang agar kenikmatan memakan masakan Padang semakin terasa.

Ayam Bakar Padang