Manfaat Air Teh Tawar

1. Manfaat Teh Tawar Hangat untuk Tubuh

1. Manfaat Teh Tawar Hangat untuk Tubuh
Sudah kita ketahui bersama bahwa air teh memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Meminum teh tanpa gula dapat memberikan manfaat yang luar biasa, terlebih karena zat yang terkandung dalam teh akan bekerja secara optimal di tubuh kita. Manfaat dari teh tawar untuk tubuh diantaranya:
  1. Memelihara kesehatan gigi
  2. Mengurangi stress
  3. Merileksasikan otot setelah seharian beraktivitas
  4. Menurunkan berat badan dan
  5. Mencegah tumbuhnya penyakit tumor ataupun kanker.
baca juga

2. Manfaat Air Teh Tawar untuk Diare

2. Manfaat Air Teh Tawar untuk Diare

Siapa sangka manfaat teh hanya sekedar yang disebutkan di atas. Ternyata, air teh tawar dapat juga lho Moms mengobati diare. Umumnya, diare pada orang dewasa hanya disebabkan oleh infeksi bakteri akibat hormon stress yang memicu diare. Ya, salah satu manfaat teh tawar adalah untuk mengurangi stress, sehingga meminum teh tawar dapat meredam stress yang dapat menyebabkan diare semakin parah.

Selain itu, teh tawar mengandung sifat antibakteri yang baik sehingga infeksi bakteri yang terjadi dapat dinetralkan dan disembuhkan dengan air teh tawar. Kandungan tanin dalam teh juga ikut serta dalam meringankan diare.

Pertolongan Pertama Diare dengan Air Teh Tawar

Pertolongan Pertama Diare dengan Air Teh Tawar

Diare dapat menyebabkan seseorang terkena dehidrasi akibat terus menerus mengeluarkan cairan. Jika dibiarkan, dehidrasi ini akan memberikan efek yang lebih buruk bagi tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa air teh sangat baik untuk menghidrasi tubuh. Jadi ketika Moms atau keluarga ada yang diare, sebaiknya langsung berikan saja teh tawar hangat sebagai pertolongan pertama untuk mencegah dehidrasi akibat diare. Namun Moms juga harus mengetahui aturannya ya, yuk baca sampai selesai.

baca juga

Aturan Minum Teh Tawar untuk Atasi Diare

Aturan Minum Teh Tawar untuk Atasi Diare

Meskipun teh tawar dapat meredakan diare, namun tak bisa seenaknya juga kita mengkonsumsi air teh tawar setiap saat. Biasanya, penderita diare akan kesulitan makan dan minum karena bisa saja diare yang di deritanya menyebabkan mual dan ingin muntah. Oleh karena itu, sebaiknya teh tawar diberikan sebanyak 1-2 sendok makan setiap 15-30 menit sekali. Jika kondisi mual dam rasa tidak nyaman sudah berangsur membaik, Moms bisa meminum segelas teh tawar hangat yang pahit maksimal 1 kali dalam sehari.

Meminum teh tawar pahit secara berlebihan justru tidak akan memberikan efek yang baik, karena teh sendiri dapat menganggu penyerapan zat besi dalam tubuh yang akan berpengaruh terhadap pembentukan darah.