Biasanya teh basi berupa ampas dari teh bubuk, ataupun kantong-kantong teh celup yang berisikan teh bubuh yang sebelumnya telah diseduh. Bagaimanapun bentuknya, ternyata sisa dari seduhan tersebut, manfaat teh basi bisa menjadi solusi masalah kesehatan dan kecantikan. 

Teh basi sendiri merupakan teh tawar yang telah dibiarkan semalaman, sehingga warna teh mengalami perubahan dan mengendap di dasar air teh. Harus diingat dari pembahasan teh basi kali ini, jika teh basi yang dimaksud tidak bercampur dengan zat lain seperti gula dan garam. So, kira-kira apa saja manfaat dari teh basi untuk rambut?

Dibuang Sayang, Begini Manfaat Teh Basi untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

1. Manfaat Teh Basi untuk Atasi Rambut Rontok

Kurangnya nutrisi pada rambut bisa menjadi salah satu sebab kerontokan rambut. Jika masalah ini dibiarkan tentu akan menimbulkan kebotakan. Tentu moms tidak mau kan?

Caranya cukup mudah. Usapkan teh basi secukupnya ke seluruh bagian rambut moms, khususnya di beberapa bagian yang dianggap paling mudah rontok. Diamkan teh basi di kepala selama beberapa menit. Jika sudah menyerap dan mengering, lalu bilaslah dengan air hangat. Lakukan secara rutin ya moms demi mendapat hasil maksimal.

Beberapa vitamin yang bermanfaat untuk menangani masalah rambut rontok adalah vitamin B,C, dan E, di mana semuanya terdapat pada teh hijau. Jangan sampai moms harus merasakan kebotakan ya!

1. Manfaat Teh Basi untuk Atasi Rambut Rontok
baca juga

2. Manfaat Teh Basi untuk Warna Rambut

Bagian moms yang ingin memiliki rambut hitam berkilau, perawatan dengan menggunakan teh basi adalah pilihan tepat. Kandungan folifenol dalam teh basi dipercaya mampu menghitamkan rambut. Selain itu, minyak esensial yang ada dalam teh mampu memberikan aroma sekaligus kesehatan rambut.

Penggunaan teh basi untuk membantu menghitamkan rambut tidaklah sulit. Hanya menyeduh teh dengan air panas (untuk menghilangkan kuman) dan diamkan semalaman. Oleskan ampas teh basi pada kulit kepala dan lakukanlah hingga rambut moms benar-benar basah. Jika sudah didiamkan kurang lebih 2 jam, bilas lagi rambut dengan air hingga bersih tanpa menggunakan shampoo.

2. Manfaat Teh Basi untuk Warna Rambut

3. Manfaat Teh Basi untuk Rambut Uban

Pada umumnya, orang Asia akan mengalami pertumbuhan uban ketika memasuki usia 30-an. Namun, jika sudah memutih sebelum usianya bisa dimasukan dalam ketegori terlalu dini.

Jika mom mersa tidak nyaman dengan uban yang muncul, biasanya menggunakan cat rambut. Tapi perlu moms ketahui, karena rambut uban cenderung lebih kering, perhatikan produk perwarna rambut yang tepat. Jika tidak moms bisa memanfaatkan teh basi loh.

Untuk mengatasinya, gunakan teh basi yang sudah didiamkan semalaman dengan cara meyuramkannya ke sela-sela rambut secara merata. Biarkan selama beberapa saat lalu bilaslah sampai bersih.

Tetapi jika sudah mencoba mengobati permasalah rambut dengan teh basi masih belum teratasi, segeralah konsultasikan ke dokter kulit.