Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Penyebabnya antara lain:

  1. Kebiasaan  mengonsumsi makanan yang tidak sehat, yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, seperti kuning telur, mentega, biskuit, keju, krim, atau santan.
  2. Kurang berolahraga atau beraktivitas. 
  3. Kebiasaan merokok. 
  4. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol.
  5. Obesitas. 
  6. Memiliki penyakit tertentu, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), penyakit liver, dan penyakit ginjal. 
  7. Pertambahan usia. Saat usia tua, risiko kolesterol tinggi yang memicu arterosklerosis juga semakin besar.
  8. Faktor genetik yang diturunkan dalam keluarga.
Penyebab Kolesterol Tinggi

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Bagi Moms yang memiliki kolesterol tinggi, berikut ini beberapa makanan penurun kolesterol yang bisa Moms andalkan, di antaranya:

  1. Makanan berserat tinggi.
  2. Makanan berbahan kacang kedelai, seperti seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, atau kembang tahu .
  3. Kacang-kacangan, seperti seperti buncis, kacang merah, kacang panjang, atau kacang almond.
  4. Ikan salon.
  5. Minyak zaitun.
  6. Kuaci tawar.
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami
baca juga

Buah Penurun Kolesterol Tinggi

Selain makanan di atas, terdapat beragam buah penurun kolesterol yang juga bisa Moms coba. Ini tentu menjadi kabar baik bagi Moms yang suka makan buah tapi punya masalah kolesterol tinggi.

Buah-buahan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi yaitu buah yang mengandung pektin, sejenis serat yang larut air yang dapat mengikat asam empedu. Ketika serat berikatan dengan asam empedu, ikatan tersebut dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah.

Selain serat, buah-buahan di bawah ini juga mengandung senyawa-senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar HDL alias kolesterol baik dalam tubuh. 

Buah Penurun Kolesterol Tinggi

Apel

Apel, terutama bagian kulitnya, mengandung pektin. Pektin adalah sejenis serat larut yang dapat membilas kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Pektin ini bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan dan mengeluarkannya lewat urine dan feses.

Apel juga mengandung zat beta-glucan yang berperanan dalam mengontrol produksi kolesterol. Selain itu, apel juga sebagai sumber serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke.

Apel
baca juga

Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat kaya akan flavonoid yang dikenal sebagai flavones polymethoxylated, antioksidan yang memiliki efek yang kuat untuk menurunkan kolesterol, terkhusus kolesterol jahat LDL.

Di samping itu, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi yang berperan tidak hanya membantu mencegah kerusakan akibat kolesterol LDL tetapi juga mengurangi risiko penyaki  kardiovaskular, karena dapat menurunkan kolesterol total secara keseluruhan.

Jeruk Nipis

Jambu Merah

Jambu biji merah atau Guava ini mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel jantung dari radikal bebas. Tidak hanya itu, buah jambu biji juga bisa Moms manfaatkan sebagai salah satu buah penurun kolesterol. Karena kandungan Antioksidan flavonoid dalam buah ini yang mampu menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian, bahwa konsumsi jus jambu merah selama 2 bulan dalam dosis terukur dapat menurunkan kolesterol sampai 53% dari total 83% kolesterol LDL.

Jambu Merah

Anggur

Anggur ini mengandung zat yang berperan aktif menurunkan kolesterol, yaitu senyawa flavonoid, di samping itu senyawa ini juga mampu mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas.

Selain itu, buah anggur juga mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol LDL sekaligus menaikkan kolesterol baik, HDL. Sebaiknya Moms konsumsi buah anggur ini dengan cara di jus.

Anggur

Manggis

Mengonsumsi manggis secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat. Gamma mangostin yang terdapat di dalam manggis dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat.

Sedangkan polifenol yang juga terdapat pada manggis dapat menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan di dalam tubuh. Dengan terjaganya kadar kolesterol, Moms akan terhindar dari stroke maupun serangan jantung. Jangan khawatir karena buah ini musiman, sekarang buah manggis banyak dijumpai dalam kemasan, yaitu ekstrak kulit manggis.

Manggis

Pepaya

Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

Pepaya

Berries

Keluarga beri, seperti strawberry, blueberry, cranberry kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL.

Berries