Tak Disangka, Daun Kenikir Ternyata Ampuh Atasi Maag dan Asam Lambung Berlebih!

Untuk Moms yang memiliki masalah gangguan maag dan asam lambung tinggi namun tak kunjung sembuh meski sudah berobat, kini saatnya Moms mencoba khasiat daun kenikir untuk maag dan asam lambung. Sebab, manfaat daun kenikir untuk asam lambung dan kesehatan ternyata sangat banyak lho, Moms. 

Daun kenikir memiliki beragam kandungan yang dapat membantu Moms menurunkan kadar asam lambung yang dapat menyebabkan mual, kembung hingga sesak napas jika peningkatannya berlebihan. Selain itu, daun kenikir juga membantu mengobati luka pada dinding lambung yang menyebabkan gastritis atau umum disebut sakit maag.

Kandungan daun kenikir untuk atasi maag dan asam lambung adalah senyawa tokoferol, polifenol dan hidroksiugenol yang memiliki manfaat untuk menurunkan asam lambung secara cepat serta mampu memperkuat otot sphringter lambung.

Salah satu penyebab rasa mual dan tidak nyaman di dada ketika asam lambung melonjak adalah lemahnya otot sphringter lambung. Hal inilah yang menyebabkan lemahnya kerja membuka dan menutupnya saluran lambung sehingga asam lambung dapat menerobos naik ke organ-organ sekitar dada dan menimbulkan cegukan hingga rasa panas di dada. Kondisi ini umum disebut sebagai gejala GERD atau Gastroesophaegal Reflux Disease.

Selain untuk mengatasi maag dan asam lambung, manfaat lain daun kenikir untuk kesehatan pun sangat beragam. Daun kenikir juga dikenal kaya akan kalsium, mineral, serta beragam vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D serta vitamin E dan antioksidan yang sangat tinggi. Karenanya, disebut-sebut daun kenikir juga bermanfaat untuk memperkuat tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat otot jantung serta yang paling dahsyat adalah dapat mematikan sel kanker terutama kanker payudara pada wanita.

Wah, hebat ya Moms ternyata khasiat daun kenikir? Lalu bagaimana ya, cara mengatasi asam lambung dengan daun kenikir? Simak yuk Moms penjelasan tentang cara dan aturan konsumsi daun kenikir untuk asam lambung di bawah ini!

Tak Disangka, Daun Kenikir Ternyata Ampuh Atasi Maag dan Asam Lambung Berlebih!

Cara dan Aturan Konsumsi Daun Kenikir untuk Asam Lambung

Setelah mengetahui manfaat daun kenikir untuk asam lambung dan aneka manfaat lain daun kenikir untuk kesehatan, kini saatnya Moms mengetahui cara mengatasi asam lambung dengan daun kenikir berikut aturan konsumsinya.

Agar Moms bisa mendapatkan khasiat daun kenikir untuk atasi maag dan asam lambung, Moms bisa mengkonsumsi air rebusan daun kenikir secara rutin dan menyantap daunnya sebagai menu harian.

Cara dan aturan konsumsi daun kenikir untuk asam lambung ini sangat mudah kok, Moms. Cukup dengan memetik 7-9 helai daun kenikir segar dan merebusnya bersama segelas kecil air hingga mendidih dan berwarna kecokelatan seperti teh, Moms bisa langsung rasakan khasiat daun kenikir untuk turunkan asam lambung.

Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari hingga rasa mual, perih dan panas pada lambung Moms berangsur membaik. Selingi dengan konsumsi daun kenikir untuk hasil yang lebih maksimal.

Bagi Moms yang masih berada dalam terapi obat dokter, aturan konsumsi daun kenikir untuk asam lambung pun tidak berubah. Moms bisa tetap mengkonsumsi air rebusan daun kenikir dan menyantap daun kenikir sebagai asupan pendamping selama mengkonsumsi obat dokter.

Cara dan Aturan Konsumsi Daun Kenikir untuk Asam Lambung

Khasiat daun kenikir untuk atasi maag dan asam lambung akan terasa secara cepat jika Moms rutin melakukan terapi daun kenikir ini dan menghindari pantangan-pantangan seperti makanan dan minuman yang terlalu pedas, terlalu asam, terlalu dingin juga segala yang mengandung soda, ragi dan alkohol.

Selain itu, manajemen stress dan pola hidup yang sehat akan berpengaruh besar pada perbaikan kondisi kesehatan lambung, sebab lambung sejatinya adalah otak kedua kita.

Manajemen stress, pola pikir serta pola hidup yang buruk akan memicu terjadinya psikosomatis dan gangguan kecemasan yang akan berdampak pada naiknya kadar asam lambung hingga memicu penyakit gastritis dan gangguan pencernaan lainnya.

Semoga sehat selalu, Moms!